oleh

Perawatan Barang Inventaris yang Baik, Maksimalkan Usia Pakai

Wonogiri – Demi memastikan senjata api (senpi) dinas inventaris Kodim 0728/Wng dalam keadaan siap pakai dan terawat dengan baik, Bintara Fourir Kodim Wonogiri Sertu Kusnadi bersama dua orang anggota, melakukan pengecekan dan membersihkan senjata api. Senin (22/10).

 

Satu persatu senpi inventaris dicek dan dibersihkan agar pada saat dipergunakan dalam keadaan siap pakai. Menurut Sertu Kusnadi, Senpi dinas disimpan secara rapi di rak senjata dan lemari senjata yang ada di gudang Senpi. Setiap kali anggota akan menggunakan harus mendapat ijin dari Dandim. Hal itu dimaksudkan agar penggunaan Senpi dapat di kontrol untuk meminimalisir penyalahgunaan dalam penggunaan senpi.

“Senjata yang ada digudang, secara rutin kami bersihkan. Setiap kali dipakai untuk latihan menembak, upacara maupun acara lainnya yang menggunkan senjata, pada saat mau masuk ke gudang senjata akan di cek dan dibersihkan terlebih dahulu,” jelas Kusnadi.

Lebih lanjut, mukharom menjelaskan bahwa ada beberapa jenis senjata yang dimiliki kodim diantaranya senjata laras pajang seperti M16 A1 dan FNC sedangkan untuk Pistol yaitu P1, FN. untuk penggunaannya disesuaikan dengan kegiatan dan situasi dilapangan yang tentunya atas seijin dari Komandan Kodim.

Pembersihan senjata yang dilaksanakan adalah salah satu rutinitas Bintara dan anggota dalam menjaga dan merawat Senpi, dimana setiap senjata yang sudah keluar dari gudang, pada saat kembali ke gudang harus betul-betul dalam keadaan bersih dan aman. Hal ini semata-mata sebagai bentuk perawatan yang dilaksanakan guna mencapai usia pakai yang maksimal dan yang terpenting, selalu siap untuk digunakan pada saat dibutuhkan. (RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar