oleh

Peran Ormada dalam Keikutsertaan Memajukan Pembangunan Daerah

Penulis : Mishbahul Anam

 

Hakikat mahasiswa adalah mengemban tugas, menggali potensi ilmiah dengan meningkatkan kecerdasan, keahlian, dan keterampilan sebagai pembentukan pribadi yang matang serta pengembangan penalaran. Organisasi mahasiswa daerah adalah organisasi yang mempunyai tujuan untuk memupuk silaturahmi antara teman satu daerah, juga untuk menampung informasi, aspirasi, tukar menukar pengetahuan dan pengalaman, termasuk mengembangkan kreatifitas.

Organisasi mahasiswa daerah memiliki kedudukan sebagai wadah bagi mahasiswa dalam memperjuangkan nilai-nilai pancasila. Dalam hal ini organisasi mahasiswa daerah menjadi tempat untuk mempersiapkan kader-kader intelektual yang bertanggung jawab dan berperan dalam kemajuan pembangunan daerah. Dalam menjalankan organisasi mahasiswa daerah perlu adanya upaya membangun kesadaran dalam berorganisasi dan berperan aktif dalam membangun daerah. Pengabdian kepada masyarakat merupakan upaya keikutsertaan dalam kemajuan pembangunan daerah yang dapat direalisasikan melalui kegiatan yang terarah dan kreatif dalam pengamalan tri darma perguruan tinggi ketiga, yakni pengabdian. Organisasi mahasiswa daerah  merupakan satu wadah potensial untuk mahasiswa mengetahui berbagai potensi yang ada di daerahnya.

Peran ormada dinilai sangat penting dan berpengaruh bagi keberlangsungan kemajuan pembangunan daerah untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan, dibentuknya organisasi mahasiswa daerah bukan sekedar ajang untuk berkumpul dan melepas rindu antar sesama daerah, tetapi organisasi mahasiswa daerah dijadikan ajang untuk menarik minat mahasiswa guna dapat kembali ke daerahnya dengan aksi-aksi nyata yang positif dan bermanfaat bagi pembangunan di daerahnya. Maka dari itu, peranan mahasiswa diharapkan tidak bersifat apatis dengan lingkungan tempat kita berasal. Organisasi mahasiswa daerah  diharapkan dapat bermanfaat dalam keikutsertaan pengabdian nyata dalam melaksanakan nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang dapat membawa perubahan dalam kemajuan pembangunan daerah.(RedG)

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed