oleh

Penyuluhan Program KKBPK

Wonogiri- Bertempat di Balai Desa Bulurejo telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga(KKBPK), Kamis(19/7).

 

Kegiatan dihadiri Kepala Kelurahan Bulukerto Narto , Danramil 21/Bukukerto yang diwakili oleh Babinsa Bulurejo Serma Sumanto, Kepala PLKB Bulukerto Sularno, Puskesmas diwakili ibu Wiwik Dwi, Kepala KUA Bulukerto Sholikul Hadi, , Perwakilan pengurus posyandu se-Kec. Bulukerto, Ibu-ibu PKK Desa Bulurejo.

Perwakilan dari Puskesmas Wiwik Dwi menyampaikan ada banyak pilihan cara untuk mengatur kehamilan yaitu dengan cara menggunakan alat dan tanpa alat. Sebelum memutuskan memilih suatu cara KB, klien harus dapat meminta bimbingan atau konseling pada konselor atau petugas klinik, untuk memperkaya informasi dan memantapkan pilihan yang terbaik. Pilihan ber-KB bisa dengan cara: Kontrasepsi sederhana yaitu dengan : Pantang Berkala/sering disebut dengan metode kalender kesuburan, adalah pencegahan kehamilan dengan cara tidak melakukan senggama (hubungan seksual) pada saat perempuan dalam masa subur. ASI (Amenore Laktasi) Cara KB ini bersifat sementara (6 bulan pertama sejak persalinan) yang juga menunjang upaya pemberian ASI. Kondom adalah sarung karet tipis berbentuk silinder yang dipakai (disarungkan) pada alat kelamin laki-laki ketika bersenggama, atau berbentuk bulat spon yang dimasukkan kedalam vagina jika yang memakai perempuan. Kondom selain mencegah kehamilan, juga mencegah penularan infeksi menular seksual (IMS).

Kontrasepsi Non Hormonal : IUD (Intra Uterine Device) dikenal juga sebagai spiral atau AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim). IUD adalah alat kontrasepsi yang disisipkan kedalam rahim, terbuat dari bahan semacam plastic berwarna putih. Ada pula IUD yang sebagian plastiknya ditutupi tembaga dan bentuknya bermacam-macam.

Kontrasepsi Hormonal : Pil KB adalah pil/tablet yang diminum oleh perempuan untuk mencegah kehamilan jika diminum setiap hari. Suntikan KB adalah suatu cairan berisi zat hormon buatan yang dapat mencegah kehamilan, selama jangka waktu tertentu, ada yang satu bulan ada juga yang tiga bulan. Susuk KB (Implan) adalah kapsul kecil yang berisi zat untuk mecegah kehamilan.

Baca Juga  Wanita Ini Ditemukan Tewas Mengambang di Pemandian Umum

Kontrasepsi Dengan Operasi : Vasektomi adalah tindakan operasi kecil yang lebih ringan dari pada sunat/ khitan. Disebut juga kontrasepsi mantap pria. Vasektomi dilakukan dengan menutup saluran sperma (bibit laki-laki) dengan operasi kecil pada sebelah kiri dan kanan kantong zakar. Tubektomi adalah salah satu cara mencegah kehamilan dengan tindakan operasi pada saluran telur perempuan.

Kontrasepsi Darurat : Alat kontrasepsi darurat dalam bentuk pil, dikenal sebagai after morning pil, diminum setelah senggama yang tidak terlindungi. Pil kontrasepsi darurat tidak berfungsi efektif bila dilakukan berulang-ulang. Sebab pil tersebut tidak untuk pemakaian regular seperti halnya pil KB yang harus diminum secara teratur setiap hari.

Sambutan Kepala KUA yang menyampaikan masalah peran ibu rumah tangga yang jika dilihat secara terbuka dan dengan jujur, peranan ibu rumah tangga itu lebih dalam dan lebih sulit daripada apa yang disadari mereka dan diakui oleh suami, yaitu menciptakan suatu rumah tangga dan keluarga yang bahagia. Sebuah rumah tangga adalah tempat anggota-anggota keluarga belajar bersama. Di dalam rumah tangga, pelajaran dasar yang penting bagi keluarga diajarkan. Rumah tangga juga menjadi tempat anggota keluarga bertumbuh dan belajar bersama-sama. Di dalamnya, satu keluarga hidup bersama-sama.

Sebagai ibu rumah tangga, kita perlu bertanya, Apakah kebutuhan-kebutuhan keluarga saya? Bagaimana suasana rumah tangga bisa mempengaruhi anggota-anggota keluarga saya? Jadikanlah rumah Anda suatu tempat perteduhan yang di dalamnya setiap anggota keluarga mendapatkan ketenteraman di tengah-tengah kesibukan luar. Seorang ibu rumah tangga perlu menciptakan dan memberikan kenangan-kenangan yang mengesankan dan menggembirakan bagi anak-anak supaya pada masa dewasa, mereka selalu teringat akan hal itu sehingga menjadi inspirasi bagi mereka apabila kesukaran hidup menghadapi mereka. (RedG-Aris)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed