oleh

Penyakit Mulut dan Kuku Mulai Merebak di Pemalang

Pemalang – Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Akhmad Helmi, S.Pt. ME., bersama Drh. Haviz Faizal setelah mendapat laporan masyarakat mengenai kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) langsung meluncur ke Kedung Sambi, Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang untuk melakukan pemeriksaan hewan yang terduga terkena wabah PMK, Sabtu (21/5).

Menurut dokter hewan lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Drh. Haviz Faizal berserta dua tenaga kesehatan hewan lainnya merupakan ‘Tim Reaksi Cepat’ dalam upaya kewaspadaan dan pencegahan merebahkan wabah PMK di Kabupaten Pemalang.

Setelah mendapat laporan dari kelompok tani Ngudi Luhur, Desa Wanarata maka dilakukan upaya pencegahan dengan memberi obat untuk disemprotkan ke kandang hewan dan hewan ternak itu sendiri.

Sampai saat ini, pemerintah Kabupaten Pemalang masih mengupayakan obat PMK dengan berkoordinasi dengan daerah lainnya.

Guna menangani merebaknya kasus PMK ini Dinas Pertanian membuka Posko PMK terpusat di Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Jalan Kauman Nomor 1 untuk menerima pengaduan dan penanganan cepat PMK di wilayah Kabupaten Pemalang dengan menghubungi Call Center Puskeswan Pemalang di nomor 085946067246.

“Posko dibuka selama 24 jam mulai hari ini. Silahkan bagi peternak atau warga yang mempunyai ternak yang bergejala PMK bisa segera menghubungi Posko PMK Dispertan,” papar kepala Dinas Pertanian Wahadi. (*)

Komentar

Tinggalkan Komentar