oleh

Penutupan Sumur Minyak Ilegal

Batanghari – Pengeboran minyak ilegal yang berlokasi di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari i tutup tim Gabungan dari Polda Jambi, Polres Batanghari dan Polisi Kehutanan serta pihak Pertamina.

Sebelum penutupan penutupan sumur minyak ilegal dilakukan terlebih dahulu dilakukan himbauan serta sosialisasi terhadap pelaku sumur Ilegal Drilling.

Wakil Direskrimsus Polda Jambi AKBP Muhammad Santoso mengatakan kegiatan ini diharapkan agar masyarakat dan pelaku bisnis Ilegal Drilling tidak kegiatan ilegal drilling.

“Karena kegiatan ini banyak yang dirugikan, selain kegiatan ini tidak ada pendapatan untuk Negara, dimana bumi dan udara merupakan kekayaan Negara. Secara tidak langsung Negara di rugikan” katanya.

Selain itu juga ada dampak lingkungan hidup yang cukup parah, dimana bekas sumur minyak ilegal banyak minyak yang bercecer di lokasi sumur.

“Ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan berupa limbah,” tegasnya.

Disinggung apakah ada pelaku atau tersangka di lahan milih Situmorang, dirinya menjelaskan tidak ada pelaku atau tersangka, karena sebelum dilakukan penutupan telah dilakukan himbauan atau sosialisasi.

“Untuk pelaku dari sini (Lahan Situmorang-red) belum ada, Karena kita melakukan operasi ini, sosialiasai terlebih dahulu, preventif dulu. Kita juga mengingatkan kepada mereka Supaya mereka tidak melakukan lagi. Pas kita datang kesini mereka memang tidak ada lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Bungku Sandhya Ananda mengatakan bahwa sumur Ilegal drilling yang ditutup oleh tim gabungan salah satunya berada di Lahan milik Situmorang.

“Sebelum ada razia sekitar 80 sumur minyak yang beroperasi, dan setelah razia saat ini sekitar 30 sumur yang masih beroperasi,” katanya.

Dirinya menceritakan, pemilik lahan mendapat upah dari pelaku ilegal drilling Rp 50 ribu per drum. Dimana di Desa Bungku sejak 2016 sudah mulai masuk ilegal Drilling, tapi gencarnya beroperasi ilegal Drilling pada tahun 2018 lalu hingga saat ini.

Baca Juga  Polda Jambi Siap-Siap Terapkan Tilang Elektronik di Kota Jambi

“Di Bungku ini kawasan minyak belasan titik lahan sumur. Untuk membuka sumur ilegal ini, satu sumur habisnya sekitar Rp 80 juta, kedalaman sumur sekitar ratusan meter. Tidak terlalu dalam dibandingkan daerah lainnya,” jelasnya.

Dirinya mengaku sebelum dilakukan razia ini, telah melakukan himbauan dan sosialiasi terhadap pelaku pengeboran ilegal dan warga sekitar yang serta dalam aktivitas ilegal Drilling tersebut

“Sudah kita menawarkan budidaya madu tetapi mayarakat tidak mau karena sudah nyaman dengan bisnis ini,” tutupnya. (RedG / Irwansyah).

Komentar

Tinggalkan Komentar