oleh

Penutupan Saka Wira Kartika Angkatan V

Wonogiri – Sebanyak 217 peserta anggota Saka Wira Kartika setelah menjalani pendidikan dan pelatihan selama 3 (tiga) hari, bertempat di lingkungan Alas Kethu Kabupaten Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Pelantikan Saka Wira Kartika Angkatan V Kodim 0728/Wonogiri Kwartir cabang Wonogiri, Senin(24/12).

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh selaku pembina upacara dalam amanatnya menyampaikan satuan karya Pramuka Saka Wira Kartika merupakan salah satu satuan karya Pramuka yang bersifat nasional Satuan Karya (Saka) yang dibentuk melalui kerjasama antar kuartil nasional dengan TNI AD.

“Ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat,” ujarnya.

Dia menambahkan kegiatan tersebut bertujuan membentuk patriot bangsa yang setia berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

“Perlu kita ketahui bersama kegiatan kepramukaan bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan agar mempunyai kepribadian yang kuat, semangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa,” katanya.

Dandim juga berpesan, harapan dan arahan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan bersama, tingkatkan intensitas dan kualitas gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri sebagai wadah pembentukan karakter bangsa bagi generasi muda.

“Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri agar menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras,cerdas dan ikhlas. Kegiatan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri akan menjadi agenda tetap untuk menambah ilmu tentang Saka Wira Kartika yang memiliki 5 krida yaitu krida navigasi darat, krida pionering, krida mountenering, krida survival, krida penanggulangan bencana,” tutupnya. (RedG)

Baca Juga  Pencegahan Masuknya Virus Corona di Wonogiri

Komentar

Tinggalkan Komentar