Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Penguasaan Bahasa Inggris

Wonogiri – Guna meningkatkan daya saing di bidang pendidikan, Camat Sidoharjo Mulyono membuat wacana tentang pembiasaan diri menggunakan Bahasa Inggris di lingkup sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dikemukannya di hadapan para kepala sekolah, guru dan perwakilan dari Istana Parnaraya dan Suparno Education Center (SEC) di pendopo kecamatan, Rabu (17/10).

 

Mulyono mengatakan pihaknya ingin menciptakan sebuah sekolah unggulan yakni kemampuan berbahasa inggris di Kecamatan Sidoharjo melalui gerakan pembiasaan berbahasa asing tersebut di saat kegiatan belajar mengajar.

Hal tersebut dilakukan karena kebutuhan yang mendesak akan penguasaan bahasa internasional nomer satu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sudah tidak bisa dipisahkan dengan Bahasa Inggris dalam keseharian kita dan kita berusaha mempersiapkan generasi unggulan ,” katanya.

Dia bersama para praktisi pendidikan di Kecamatan Sidoharjo membuat sebuah proposal agar disetujui oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri terkait pelaksanaan teknis program tersebut.

Salah satu tokoh pendidikan di Kecamatan Sidoharjo, Dr Uswatun Hasanah mengatakan akan ada program terstruktur yang akan dievaluasi setiap waktu dalam program pembiasaan berbahasa inggris tersebut.

“Ada target harian, mingguan, bulanan, tengah semester dan akhir semester yang akan kita evaluasi dari para siswa tersebut,” jelasnya.

Sementara Suparno Parnaraya, tokoh masyarakat Kecamatan Sidoharjo ketika dihubungi melalui telepon menilai wacana tentang pembiasaan berbahasa inggris di lingkungan sekolah tersebut adalah sebuah gebrakan positif.

Pemerhati lansia tersebut mengungkapkan kemampuan berbahasa Inggris masih merupakan kelemahan bagi sebagian besar siswa.

“Pak Camat meminta masyarakat lebih mengenal akan pentingnya bisa berbahasa inggris, tentu ini adalah solusi bagi masih minimnya kemampuan tersebut dan saya yakin endingnya pasti nanti juga penguasaan komputer,” bebernya.

Suparno Parnaraya juga yakin jika para pemuda bisa berbahasa inggris dan menguasai komputer maka peluang kerja akan lebih terbuka dan yang bersangkutan akan lebih profesional di bidangnya.

Seperti yang telah dilakukannya di SEC, dia telah menyalurkan para lulusan SMK guna bekerja di perusahaan miliknya maupun milik kolega bisnisnya.

Dia juga menghimbau agar para orang tua mendukung langkah Camat Sidoharjo tersebut. Dia berharap perhatian akan pentingnya pendidikan anak lebih meningkat.

“Intinya masyarakat harus lebih memperhatikan pendidikan anak, jangan sampai pendidikan anak dikalahkan oleh kebutuhan lainnya yang mungkin kurang perlu,” tutupnya. (RedG)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *