Penilaian Pelayanan Publik Polres Wonogiri Menuju WBK oleh Menpan RB RI

Wonogiri-Bertempat di Hall Mapolres Wonogiri telah dilaksanakan Penilaian Pelayanan Publik Polres Wonogiri Menuju WBK oleh Menpan RB RI, Senin (5/10).

Kegiatan di Hadiri Kapolres Wonogiri
AKBP Christian Tobing , S.I.K,. M.H,.M.Si, Waka Polres Wonogiri Kompol Edi Wibowo S.H,M.H,Kasubag Akuntabilitas kinerja dan Informasi Birokrasi Agustinus Agus Sudarmanto ,S.STP,.M.M, Aria Pramandana Tim Menpan RB, Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas,, Kabag Ren Polres Wonogiri Kompol Dwi Retnowati, Kabag Sumda Polres Wonogiri Kompol Hadijah Sahab,Para Kasat Polres Wonogiri dan Para PJU Polres Wonogiri.

Kapolres dalam pemaparannya menjelaskan optimalisasi sistem informasi pelayanan publik menuju pelayanan prima dengan latar belakang perbaikan sarana dan prasarana regulasi pelayanan dan inovasi pelayanan publik berbasis IT.
1.UU no 2 tahun 2002 TTG Kepolisian RI
2. UU no 2 Tahun 2009 TTG Pelayanan Publik.
3. Permenpan RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang standar pelayanan.
4. Permenpan RB nomor 17 tahun 2014 tentang survei kepuasan masyarakat.
5. Permenpan RB nomor 13 tahun 2017 tentang pedoman sistem Informasi pelayanan publik.
6. Permenpan RB Nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas Permenpan nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM.

Kondiisi yang diharapkan
terwujudnya pelayanan prima pada penyelenggaraan pelayanan publik Polres Wonogiri( Satpas 1447 dan SKCK)

Data Awal ;
a. Pelaksanaan yanlik kepolisian disebut fungsi masing-masing.
b. Kemampuan SDM terbatas
c. Terbatasnya sarana dan prasarana serta anggaran.

Upaya:
a. Peningkatan kualitas sdm di bidang pelayanan publik.
b. Pembangunan gedung pelayanan terpadu.
c. Pembangunan jaringan teknologi informasi untuk menyatukan produk layanan kepolisian dalam satu aplikasi inovasi Yanlik.

– Opini Publik yang positif dan terwujud RPP di bidang Yanlik.
– Kondisi yang di harapkan : terciptanya inovasi pelayanan publik berbasis IT Yanpatdu sehingga mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam menerima produk pelayanan kepolisian menuju pelayanan prima.

Perbaikan pada indeks pelayanan publik.
Standar pelayanan, maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, kompetensi, respondensivitas, kredibilitas isi atau integritas, kelayakan ruang parkir, taman dan penghijauan, kelayakan ruang tunggu pelayanan, kelayakan fasilitas bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus.
Sarana Penunjang Lainya, sarana Front Office, sistem informasi pelayanan publik, media konsultasi, media pengaduan, inovasi.

Perbaikan pada penyelenggaraan pelayanan SKCK di gedung pelayanan cepat terpadu Polres Wonogiri.
A.Standar Pelayanan
B. Maklumat Pelayanan
– Kebijakan Pelayanan 13 Indikator 3 Fungsi
– Prefosionalisme SDM 7 Indikator 6 Fungsi.
– Sistem informarsi Pelayanan Publik 5 Indikator ,2 Fungsi.
– Inovasi
1 indikator ,Multi Fungsi MLTI Prinsip.
– Dengan melihat waktu pelayanan serta efektivitas pelayanan perlunya pelayanan secara terpadu dimana semua pelayanan berada di satu tempat sehingga koordinasi lebih cepat dan tepat.
– Pelayanan terpadu Polres Wonogiri terletak di ruang SPKT Polres Wonogiri dimana pelayanan terpadu ini merupakan gabungan dari seluruh pelayanan yang ada di Polres Wonogiri diantaranya adalah:
1.Pelayanan SPKT
– Laporan Polisi
– Surat tanda laporan kehilangan
2. Pelayanan Intelkam
– Surat ijin keramaian
– SKCK Baru dan Perpanjangan
3. Pelayanan Reskrim.
– Rumus Sidik Jari
– SP2HP
Selain itu terdapat Duta pelayanan publik di mana 2 anggota Polwan menggunakan baju batik yang ditugaskan memberikan informasi dan melaksanakan protokol kesehatan selama pandemi covid 19 berlangsung.

– Inovasi teknologi merupakan kumpulan inovasi Polres Wonogiri yang terdiri dari satu inovasi utama dan satu inovasi pendukung inovasi utama adalah Yanpatdu (Pelayanan Cepat Terpadu) dan kantor Polres Wonogiri sebagai aplikasi pendukungnya dan 3 inovasi pendukung.
– Terdapat fitur Panik Button pada aplikasi yang padu dimana pada fitur ini didukung oleh Smart Siti dan aplikasi GPS tracking.

-YanPatdu atau singkatan dari pelayanan cepat terpadu di mana merupakan kumpulan pelayanan yang ada di Sentra pelayanan kepolisian terpadu spkt yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis IT untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam menerima laporan kepolisian di mana fitur ini terdapat laporan kehilangan, laporan datang orang asing, laporan Propam, laporan pengaduan SKCK online baru, permohonan izin keramaian, permohonan SIM online, pembayaran online, SP2D online dan SKCK online baru dan perpanjangan.
– Pemohon setelah login biarkan mengisi from berdasarkan petunjuk yang sudah ada sebelum mengisi from pelayanan yang ada.
– Tombol darurat yang bisa disebut dalam bahasa Inggris adalah panik Button adalah fitur yang apabila di Tab atau disentuh logo pada layar secara otomatis single akan dikirimkan ke server Polres Wonogiri dimana pada server nantinya akan menunjukkan posisi dan akan terdengar suara sirine.
– Fitur ini Apabila masyarakat membutuhkan bantuan bhabinkamtibmas langsung dapat melihat foto, wilayah hukum dan juga nomor telepon bhabinkamtibmas dan langsung pada menghubungi melalui fitur telepon.
– Fitur DPO merupakan fitur di mana masyarakat dapat membantu semua pihak Dalam menemukan orang yang sedang dicari Apakah itu karena kriminal atau terdaftar orang hilang.
– Lokasi penting fitur ini berisi lokasi dari titik rawan kecelakaan tidak rawan kejahatan serta posisi tempat penting di wilayah hukum Polres Wonogiri.
– Terdapat semua pelayanan yang ada di Polres Wonogiri hampir semua pelayanan terdapat pada fitur ini secara online.
– Fitur pembayaran online memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran produk pelayanan sesuai dengan tarif yang tertera pada PP nomor tahun 2016 tentang penerimaan negara bukan pajak pada produk Layanan SIM dan SKCK melalui saldo elektronik.
– Kuesioner Survei adalah perwujudan dari survei kepuasan masyarakat secara elektronik berdasarkan pada Permenpan RB nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan survei kepuasan masyarakat di mana 9 unsur yang terdiri dari persyaratan sistem dan prosedur, Waktu penyelesaian biaya taruh produk spesifikasi jenis pelayanan kompetensi pelayanan perilaku pelaksana sarana dan prasarana dan pengaduan pelayanan sehingga dapat dari pelayanan yang diberikan dapat termonitor secara langsung.
– Fitur ini memberikan kemudahan masyarakat dalam pembuatan SKCK Surat kehilangan dan SIM untuk diantar ke rumah.
– GPS tracker inovasi Ini teknologi satelit dengan dapat memantau posisi mobil anggota terdekat digunakan untuk mendukung dari aplikasi tombol darurat sehingga apabila terjadi darurat keamanan anggota di lapangan dapat secara cepat untuk diarahkan ke TKP.
– Smart city inovasi ini menggunakan CCTV dengan memantau titik rawan menggunakan CCTV akan menjangkau semua sudut Pantau.

Sambutan dan Arahan ketua Tim Penilai Pelayanan Publik Menpan RB menjelaskan tahun ini banyak perbedaaan dari tahun kemarin, tahun lalu kita banyak di lapangan untuk tahun ini banyak di sistem Online.
Kita harus juga berpijak evaluasi dari tahun kemarin.

Berita Acara Hasil Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publi Pada Unit Layanan Sim dan SKCK Polres Wonogiri Tahun 2019.
– Pada hari ini Kamis, tanggal 4 Juli 2019, kami Tim Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Deputi

Pada hari ini Kamis, tanggal 4 Juli 2019, kami Tim Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Deputi Bidang

Pelayanan Publik Kementerian PAN Dan RB RI, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan menyatakan sebagai berikut

Kebijakan Pelayanan (Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat)

Pengamatan Lapangan Pelayanan Sim: Standar Pelayanan (SP) sudah dibuat dan ditetapkan melalui SK Kapolres Wonogiri tanggal 02 Januari 2019 nomor Kep/14//2019/Res Wonigiri

Pelayanan SIM
– Standar Pelayanan (SP) sudah dibuat dan ditetapkan melalui SK Kapolres Wonogiri tanggal 02 Januari 2019 nomor Kep/14//2019/Res Wonogiri tentang Standar Pelayanan Penerbitan SIM di Satpas 1447 Satlantas Polres Wonogiri, SP sudah lengkap 14 komponen dan penyusunannya menggunakan hasil SKM. SP telah dipublikasikan di area layanan, FB, spanduk dan website.

– Sistem antrian secara elektronik. Nomor antrian ditampilkan di layar monitor dan petugas memandu melalui pengeras suara
– Maklumat pelayanan sudah

Jumlah sampling responden disesuaikan dengan tabel Morgan/Kracjie pada lampiran PermenPAN RB nomor 14 tahun 2017. Untuk mempermudah pelaksanaan SKM dapat difasilitasi menggunakan aplikasi online.

Inovasi yang di miliki Unit Pelayanan:
1. Pelayanan Sim
One gate service system, aplikasi Sakjwose, e-service, pelayanan melalui pembayaran manual dan non tunai/ Briva
2. Pelayanan SKCK:
Layanan SKCK online
e-service, pelayanan melalui pembayaran manual dan non tunai/ Briva.
1. Inovasi One gate service system mulai dilaksanakan bulan Februari 2018 masih tetap berlanjut.
2. Inovasi SKCK online mulai dilaksanakan bulan Mei 2017.
3. Untuk dapat mengikutsertakan inovasi pada Kompetisi Inovasi
Pelayanan Publik Kementerian PAN RB.
-Bagi orang yang suka membaca di media cetak bisa di bentuk Buku.
– Setia orang yang menerima pelayanan Wajid menerima fasilitas pelayanan yang baik
– Terkait dengan Hak dengan Penghargaan.
– Sarana dan Prasarana sudah baik di atas 35, 5.
– Kemudian Pemutahiran Data sudah baik.
Terkait dengan sarana Prasaranan baik media online.
Kemudian terkait dengan Inovasi 3,61 dengan bobot 7 persen nilai rata rata 2.
– Untuk yang layanan sim ini indek 36, 1
Terkait dengan SDM untuk SKCK -Pelayanan sudah baik, untuk pelayanan ada 4 orang.

e.Peninjauan Pelayanan Publik SKCK dan Sim.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *