oleh

Penilaian Akhir Semester Sebagai Bahan Evaluasi Keefektifan Pembelajaran

Temanggung – Pembelajaran merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang juga berperan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Dari proses pembelajaran itu akan terjadi sebuah kegiatan timbal balik antara guru dengan siswa untuk menuju tujuan yang lebih baik.

Sebagai seorang pendidik wajib memahami apakah pembelajaran yang selama ini di terapkan kepada peserta didik sudah efektif atau belum, hal ini dirasa sangat perlu supaya dalam proses pembelajaran peserta didik bisa sesuai sasaran dan maksimal.

Seorang pendidik dituntut bukan hanya untuk mengajar peserta didik saja akan tetapi lebih dari itu seorang pendidik juga harus bisa memastikan bahwa transfer of knowledge yang ia lakukan benar-benar efektif sehingga kepribadian dan kecerdasan siswa semakin meningkat.

Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. PAS bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik selama satu semester, dan mengukur materi pelajaran yang diberikan pendidik mata pelajaran melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan demikian hasil PAS dapat  dijadikan tolak ukur ketuntasan belajar peserta didik dan dapat dimanfaatkan sebagai program remidial, pengayaan dan pengisian rapor.

Momentum Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan momentum yang tepat bagi orang tua untuk melakukan pendampingan yang lebih dekat saat anak-anak belajar dan berlatih soal. Pada akhirnya pendampingan tersebut dapat mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua.  Tentunya berpengaruh positif juga pada psikologis anak.

Evaluasi merupakan bagian dari proses kegiatan belajar mengajar yang secara keseluruhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan Penilaian akhir semester, melaksanakan evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan ini mempunyai arti yang sangat utama, karena evaluasi merupakan alat ukur atau proses untuk mengetahui tingkat pencapaian keberhasilan yang telah dicapai peserta didik atas PAS yang telah dikerjakan.

Baca Juga  Hari ini Pengumuman Kelulusan Siswa SMP Secara Daring

Evaluasi sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar perlu dioptimalkan, karena bukan hanya bertumpu pada penilaian hasil belajar tetapi juga perlu penilaian terhadap prosesnya . Salah satu faktor yang penting untuk efektivitas pembelajaran adalah faktor evaluasi baik terhadap proses belajar maupun terhadap hasil pembelajaran.

Evaluasi dapat mendorong peserta didik untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong pengelola pendidikan untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas belajar peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa keberhasilan program pembelajaran selalu dilihat dari aspek hasil belajar yang dicapai.

Dengan demikian evaluasi sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan kehidupan manusia sehari-hari, karena disadari atau tidak disadari, sebenarnya evaluasi sudah sering dilakukan, baik untuk diri sendiri maupun kegiatan sosial lainnya. Begitu pula dalam dunia pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kegiatan evaluasi itu sendiri.(RedG/ Muhammad Najwa Sidqi Aliyul Hikam, Mahasiswa Prodi PGMI INISNU Temanggung)

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar