oleh

Pengujian Vaksin Sinovac Tahap Akhir di Brazil Terbukti Efektif

-Berita-14 views

Brazil – Masyarakat Indonesia, di era pandemi Covid-19 ini, mestinya bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, uji coba tahap akhir vaksin Sinovac yang dilakukan di Brasil terbukti efektif. Hal ini telah dibuktikan oleh Institut Butantan saat menyelenggarakan uji coba tahap akhir di negara bagian Sao Paulo, Brazil.

Berdasarkan hasil laporannya, seperti dikutip dari Reuters dan Wall Street Journal, Selasa (22/12/2020), bahwa vaksin dengan nama lengkap Sinovac Bontech Ltd, CoronaVac atau vaksin Corona ini terbukti manjur dalam pencegahan wabah Covid-19 tersebut.

“Hasil dari uji coba di Brasil menempatkan CoronaVac di atas ambang batas 50% yang dianggap perlu oleh ilmuwan internasional untuk melindungi manusia,” ungkap laporan tersebut seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (25/12/2020).

Sementara untuk Indonesia sendiri, uji klinis terhadap vaksin Sinovac ini pun telah memasuki tahap akhir. Dalam perkembangannya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Badan POM, Dr dra Lucia Rizka Andalusia mengatakan, uji klinik fase III di Bandung berjalan sesuai timeline yang direncanakan, semua subjek atau relawan sudah mendapatkan dua kali penyuntikan.

“Penyuntikan dosis vaksin Covid-19 Sinovac itu juga telah diikuti pemantauan dengan periode 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan untuk memastikan keamanan dan khasiat vaksin tersebut,” ujar Lucia dalam keterangan pers Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 terkait Perkembangan Penyiapan Vaksin Covid-19, Jumat (18/12/2020) lalu.

Sebagai informasi, selain Indonesia dan Brazil, vaksin Sinovac ini juga di pesan oleh beberapa negara lain. Diantaranya adalah Turki, Filipina, Singapura, dan Malaysia. (RedG/Ongen)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed