oleh

Penguatan Ipteks di Bidang Biodiversitas, Biokonservasi, dan Bioteknologi Flora Fauna Indonesia

Yogyakarta – Penelitian ataupun Riset merupakan salah satu ujung tombak yang berperan penting dalam pengembangan ilmu di universitas, yang bermuara untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Research Day sebagai sarana untuk mensosialisasikan hasil riset yang telah dikembangkan oleh civitas academica, Jumat (20/12) di Gedung B, fakultas Biologi.

“Dengan Research Day diharapkan hasil riset dapat dirasakan, dikenal dan dimanfaatkan secara lebih luas oleh masyarakat umum”, tutur Dekan Fakultas Biologi UGM, Profesor Budi Setiadi Daryono.

Kegiatan ini meliputi monitoring dan evaluasi (monev) hibah penelitian internal fakultas, pameran poster, bazar buku karya dosen, produk penelitian, video, diseminasi hasil riset Ratih Aryasari, M.Si dan kuliah umum.

Lebih dari 60 poster hasil riset kolaborasi dosen dan mahasiswa yang ditampilkan. Poster dinilai oleh para reviewer, Juara I diraih oleh Dila Hening W, S.Si., M.Sc., Juara 2 Matin Nuhamunada, S.Si., M.Sc., dan Juara 3 Akbar Reza, S.Si., M.Sc. Sementara poster favorit pilihan pengunjung jatuh pada poster milik Dra. Mulyati, M.Si., Annas Rabbani, S.Si., M.Sc., dan Drs. Heri Sujadmiko, M.Si.

“Dengan adanya pameran poster penelitian dosen ini sangat membantu mahasiswa dalam memunculkan ide dan gambaran penelitian yang lebih luas sesuai bidang yang diminati”, tutur Dini, salah satu mahasiswa Fakultas Biologi UGM.

Hal senada juga diungkap oleh Lisna Hidayati, selaku koordinator Research Day 2019, “Kegiatan ini juga memberikan peluang yang besar kepada mahasiswa, untuk berkomunikasi dan berdiskusi langsung dengan dosen apabila tertarik dengan topik penelitiannya”.

Kemeriahan Research Day 2019 di Fakultas Biologi UGM 

Dalam pameran ini Pengunjung juga dapat menikmati produk pengabdian kepada masyarakat melalui video dokumenter yang diputar, maupun melihat langsung. Beberapa produk yang ditampilkan adalah Bio-Catharantin (Agensia Poliploidisasi Tanaman) ALVICO (Sabun Algae Spirulina dan VCO) dan FIKOGAMA (Suplemen Alami Alga Spirulina), serta Healthy Rice (Beras Analog Fungsional). Berbagai produk souvenir khas Fakultas Biologi juga dapat dibeli, seperti tote bag, kaos, jam dinding, mug, stiker, dan pin.

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Bantuan untuk Sektor Perumahan Senilai Rp33,1 Triliun
Narasumber dan moderator kuliah tamu dari kiri ke kanan (Juswono Budisetiawan, S.Si., M.Sc., Dr.rer.nat. Edwin Setiawan, S.Si., M.Sc., Dr. Eko Agus Suyono M.App.Sc. (Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama dan Alumni), Dr. rer.nat. Yosi Bayu Murti, Basuki Rahmad (Program Manager Kelautan Yayasan Kehati), dan Dr. Abdul Razaq Chasani.

Research Day diakhiri dengan kuliah umum hasil riset doktoral Ratih Aryasari, salah satu dosen di Fakultas Biologi yang menggeluti penelitian sponge di Indonesia. Kuliah umum diawali dengan pemutaran film dokumenter “Eksplorasi Sponge di Pulau Maratua” oleh Juswono Budisetiawan, S.Si., M.Sc. Selanjutnya pemaparan tentang “Populasi Genetik Empat Jenis Spons, (Porifera Grant, 1836) yang Berada di Perairan Indonesia” oleh Dr.rer.nat. Edwin Setiawan, S.Si., M.Sc. (Departemen Biologi, ITS). Tentang Bahan Alam Laut Sumber Obat di Masa Depan disampaikan oleh Dr. rer.nat. Yosi Bayu Murti (Fakultas Farmasi UGM). Terakhir pembahasan mengenai “Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Hayati Laut Indonesia”, oleh Basuki Rahmad (Yayasan KEHATI).(RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar