Penghijauan di Desa Sempukerep Libatkan Sejumlah Unsur

Wonogiri- Masyarakat Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo bersama perangkat desa, anggota Koramil dan relawan melaksanakan penghijauan, Minggu (20/1).

Kegiatan tersebut bertempat di Gunung Pronggos Dusun Ketangi RT 02 RW 09 Desa Sempukerep Kecamatan Sidoharjo dengan luas lahan sekitar 15 hektar ditanami bibit tanaman buah matoa, pisang, duwet sekitar 2500 batang, selain tanaman buah juga ditanam beberapa batang tanaman beringin yang mempunyai akar yang kuat dan mampu menyerap air.

Disampaikan Kepala Desa Sempukerep adapun penghijauan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan yang pernah terbakar beberapa waktu lalu dimusim kemarau.

Selain itu untuk mencegah bencana longsor dan mencegah kawanan kera liar yang sering turun ke perkampungan akibat ketiadaan sumber makanan yang ada di hutan yang habis terbakar.

Parmo mewakili masyarakat Desa Sempukerep juga menyampaikan salam hormat atas kesediaan dan kehadiran anggota Koramil 17/Sidoharjo, yang sudah berkenan memberikan dorongan dan semangat dalam membantu pelaksanaan kegiatan, semoga Allah SWT senantiasa membalas amal kebaikan bapak-bapak dengan pahala yang berlipat ganda, Kades juga menambahkan kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan bertahap dikarenakan keterbatasan bibit yang tersedia.

Disela-sela kegiatan, Danramil 17/Sidoharjo Kapten Inf Hengki Nurcahyadi melalui Koptu Sunardi selaku Babinsa Desa Sempukerep menyampaikan kegiatan positif tersebut hendaknya jangan cukup berhenti sampai disini.

 

“Marilah kita lanjutkan lagi untuk bertujuan menjaga keseimbangan alam kita yang nantinya akan diwarisi oleh generasi kita selanjutnya dan marilah kita bersama-sama saling menjaga kelestarian alam ini, untuk mengurangi resiko bencana yang mungkin terjadi,” tegasnya. (RedG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *