Penghijauan dan Penanaman Apotek Hidup di Kelurahan Karangtempel

Semarang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) tahun 2020 menggalakkan program kerja penghijauan kampung dengan menanam tanaman hijau dan beberapa tanaman apotek hidup di wilayah kelurahan Karangtempel, kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Sabtu dan minggu (25-26/1).

Kegiatan ini didasari atas kepedulian mahasiswa KKN UPGRIS terhadap lingkungan di daerah setempat yang termasuk wilayah pemukiman padat penduduk.
Program penghijauan ini mendapat dukungan positif oleh Lurah Karangtempel Suharyati, S.IP. Kegiatan tersebut juga disambut antusias oleh warga Karangtempel RW 03 kelurahan Karangtempel.

Bersama-sama mahasiswa KKN UPGRIS dan warga sekitar saling bergotong-royong untuk membersihkan dan menghijaukan lingkungan di RW 03. Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Pada hari pertama, kegiatan yang dilakukan adalah bersih-bersih di wilayah sekitar dengan mencabut tanaman liar, menyapu jalan, dan membersihkan sampah sekitar.

Kemudian mahasiswa KKN UPGRIS bersama-sama dengan warga mengecat tembok dan tutup selokan agar wilayah tersebut terlihat lebih besih dan lebih indah. Pada hari kedua mahasiswa KKN UPGRIS mulai mengumpulkan botol-botol bekas yang akan digunakan sebagai media pembuatan vertical garden. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu usaha pemanfaatan barang bekas untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar.

Selain itu mahasiswa KKN UPGRIS juga melakukan penanaman tanaman apotek hidup. Pemilihan tanaman apotek hidup ditujukan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenahi jenis taman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. (RedG/tim KKN UPGRIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *