oleh

Penghijauan Bersama Mbah Sadiman di Bukit Gendol Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto

-Wonogiri-180 views

Wonogiri- ACT Solo bersama relawan MRI Klaten dan Komunitas Peduli Sungai Selogringging melakukan penanaman 10 Pohon Beringin di Bukit Gendol, Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri Minggu (13/12).

Aksi peduli lingkungan kali ini dilakukan bersama Mbah Sadiman, yang dikenal sebagai pelopor untuk penanaman pohon di Wonogiri. Nama Mbah Sadiman sangat dikenal sebagai penggerak peduli lingkungan, bahkan ia juga sempat mendapatkan penghargaan dari BNPB pada tahun 2019 sebagai tokoh inspiratif Reksa Utama Anindha (Penjaga Bumi yang Penuh Kebijakan).

Aksi tanam pohon kali ini dilakukan dengan bibit Pohon Beringin hasil cangkok yang dilakukan oleh Mbah Sadiman sendiri. Dalam kondisi hujan, Mbah Sadiman bersemangat mengajarkan cara menanam pohon beringin kepada rekan-rekan relawan dan komunitas.

Mbah Sadiman mengajarkan tentang pentingnya menjaga dan mencintai lingkungan. Bukit yang sekarang penuh dengan ribuan pohon beringin itu bisa menjadi penyedia air dan oksigen bagi masyarakat di sekitar Desa Geneng. Dulunya, bukit itu tandus, tetapi berkat kesabaran dan keuletan Mbah Sadiman menanam dan merawat pohon beringin hingga tumbuh ribuan pohon Dari ribuan pohon yang hidup di bukit itu akhirnya mata air di daerah itu melimpah, bahkan penduduk memasang paralon untuk menyalurkan air bersih masuk ke rumah-rumah mereka.

“Kalau mau andil menghijaukan lingkungan seperti ini yang penting aksinya dan jangan lupa untuk selalu sabar, ikhlas, dan tekun,” tutur Mbah Sadiman dalam bahasa Jawa, kepada para relawan dan rekan-rekan komunitas.

Koordinator Program ACT Solo, Ardiyan Sapto menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilakukan.

“Kegiatan penanaman pohon seperti ini akan terus dilakukan secara bertahap oleh ACT Solo bersama relawan MRI dan relawan maupun komunitas yang lain agar bisa memberikan kemanfaatan yang lebih luas lagi untuk masyarakat dan menjadikan bumi menjadi lebih baik lagi,” ungkap Ardiyan.

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed