oleh

Penghargaan Pertama di Tahun 2023, Bangka Tengah Sabet Penghargaan dari Kemendes PDTT RI

BINTAN – Raut bangga dan bahagia terlihat dari senyuman diwajah Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, saat menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia (Mendes PDTT RI), Abdul Halim Iskandar.

Penghargaan pertama di tahun 2023 ini, Ia terima pada Pesta Rakyat Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), bertempat di Halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (02/02/2023).

Alhamdulillah, malam hari ini Kabupaten Bangka Tengah kembali menoreh prestasi sebagai salah satu kabupaten di seluruh Indonesia yang berhasil meraih penghargaan atas upaya pencapaian transformasi menjadi BUM Desa Bersama LKD,” kata Algafry yang juga dianugerahkan Lencana Bakti Ekonomi Desa.

Diungkapkannya, penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah ini diberikan atas pencapaian dan keberhasilan dalam transformasi Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) menjadi BUM Desa Bersama Lembaga Keuangan Daerah (LKD) secara 100% di 6 kecamatan se-Kabupaten Bangka Tengah. Untuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya Kabupaten Bangka Tengah yang meraih pencapaian ini.

Ia juga menegaskan pencapaian yang didapatkan adalah berkat upaya serta kerja sama yang telah dilakukan secara bersama-sama oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah bersama Pemerintah Desa serta masyarakat.
“Penghargaan ini adalah untuk kita semua, hasil kerja keras dan kerja sama kita bersama.

Maju terus BUM Desa Bersama Indonesia, maju terus BUM Desa Bangka Tengah, kami (Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah-red) akan selalu mendukung terus tergeraknya perekonomian di desa,” tegas Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini.

Mendes PDTT RI, Abdul Halim Iskandar menjelaskan baik transformasi maupun perkembangan BUMDes dan BUM Desa Bersama tidak terlepas dari peran kepala daerah untuk mencapai hal tersebut.

Baca Juga  Anggota Polres Bangka Barat Wajib Patuhi 3 M

“Penghargaan ini adalah sebagai apresiasi kementerian kepada kepala daerah yang memiliki komitmen dalam menciptakan dan memajukan BUM Desa dan BUM Desa Bersama,” kata Abdul Halim.

Dikemukakan Abdul, hingga tahun 2022 terdapat 60.417 BUMDes dan 6.583 BUM Desa Bersama yang sudah beroperasi dan berdiri.

“Bahkan, ketika pandemi COVID-19 pada tahun 2020 hingga 2021, inisiatif pendirian BUMDes terus bergelora di desa-desa,” ungkapnya.

Tampak hadir Budie Arie Setiadi selaku Wakil Menteri Desa PDTT, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Riau, Gubernur Lampung, Bupati se-Indonesia penerima penghargaan, perwakilan BUM Desa Bersama se-Indonesia dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) Bangka Tengah serta Dinsos-PMD se-Indonesia. Diskominfosta Bangka Tengah. (RedG/Rizal Fahlevi)

Komentar

Tinggalkan Komentar