oleh

Pengabdian Dalam Ekspedisi Kampung Budaya Jalawastu

Brebes– Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Brebes mengadakan kegiatan Gerakan Literasi bersinergi dengan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat STAI.

Kegiatan ini mengusung tema” Ekspedisi Kampung Budaya Jalawastu”. Acara yang dilaksanakan di Jalawastu Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes.

Acara ini diinisiasi oleh Divisi Sosial Budaya Perpusat Pada Riset dan Divisi Pendidikan pada Pengabdian Masyarakat BEM STAI Brebes.

Ketua LPPM STAI Brebes, Dra Roisah MPd mengatakan kegiatan ini yang bertujuan agar membantu permasalahan di daerah khususnya Kabupaten Brebes di bidang sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan kesehatan.

“Kegiatan penelitian ini perlu dikembangkan agar membantu pemecahan masalah- masalah yang ada di Brebes. Guna menuju masyarakat Brebes yang sejahtera, berkeadilan di segala bidang terutama sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Kesehatan serta meningkatkan Kepedulian desa terpencil dan membuka mata di dunia luar,” kata
Roisah melalui keterangan tertulis yang diterima g-news.id Senin (11/1/2021).

Sementara itu, Sesepuh Pemangku Adat Jalawastu, Karsono mengatakan, kebudayaan yang ada di Jalawastu merupakan budaya leluhur terdahulu dan harus dipertahankan serta dirawat bersama-sama.

“Menjalani hidup harus hati hati, jagalah alam ini, jangan menyakiti, apalagi sampai membunuh sesama makhluk hidup. Kita harus merawat tempat ngasa dan pesarean gedong Kampung Jalawastu ini, pertahankan adat yang sudah lama di pegang teguh oleh leluhur terdahulu,” pesan Karsono.

Menurut keterangan tertulis yang diterima g-news.id, sejarah tentang kampung Jalawastu tersebut menceritakan konon dulu ada seorang yang sedang mencari ikan di sungai menggunakan jala (alat menangkap ikan). Kemudian setelah menjala, Penjala itu pun beristirahat dan menjemur alat itu di atas batu. Dari kisah itu, masyarakat sekitar menyebut Jala Watu. Seiring berjalan waktu, nama tersebut berubah dengan nama Jalawastu hingga sekarang.

Baca Juga  Kegembiraan  Anak-anak Sekitar Masjid Kodim Brebes Saat Bulan Ramadhan

Selain itu, BEM STAI Brebes melaksanakan pengabdian di SD Negeri Cisereuh 2.

Dalam kesempatan itu, Ketua BEM STAI Brebes, Dodi merasa senang dalam kegiatan tersebut karena disambut baik oleh Kepala Sekolah SD Negeri Cisereuh 2.

” Disambut baik oleh Kepala Sekolah, bapak Dastam. Beliau dan seluruh dewan guru merasa sangat senang sekali. Semoga ada tindak lanjut dari penelitian ini. Dalam hal ini juga bertujuan untuk mengungkap sejarah tersembunyi dari kampung Jalawastu, jangan sampai pemuda sekarang lupa akan sejarah tanah kelahiran nya sendiri,”kata Dodi (RedG/Dicky Tifani Badi)

Komentar

Tinggalkan Komentar