oleh

Pendonor Plasma Darah dari Penyintas Covid-19 Meningkat 4 Kali Lipat

Surabaya – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy mengapresiasi semakin banyaknya pendonor plasma darah. Bahkan , jumlah penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen meningkat empat kali lipat.

Menurutnya, peningkatan empat kali lipat itu terjadi setelah Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meluncurkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah setelah dicanangkan oleh Bapak Wakil Presiden, sekarang ada kenaikan jumlah donor yang luar biasa. Jumlah pasien yang mengantri untuk mendapatkan donor plasma menurun dan angka kesembuhan untuk pasien gejala sedang mencapai 100 persen,” tutur Muhadjir setelah meninjau donor plasma konvalesen di Kantor PLN UID Jatim, di Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Muhadjir juga berpesan, agar program donor plasma konvalesen lebih dimasifkan lagi, utamanya untuk daerah-daerah di luar kota Surabaya. Surabaya dan DKI Jakarta sendiri, menjadi kota dengan jumlah pendonor plasma cukup banyak.

Diketahui, PLN bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya melaksanakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen, Selasa (16/2/2021), di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur. Bertajuk “Donor Plasma Konvalesen & Darah Untuk Indonesia Sehat Bersama PLN Group Jawa Timur”, kegiatan ini merupakan wujud nyata program #PlasmaBUMNuntukIndonesia sekaligus dalam rangka memperingati bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Total 306 orang penyintas Covid-19 menyumbangkan plasma konvalesen, dan 120 orang pendonor darah dari berbagai kalangan dalam kegiatan amal ini. Sebelumnya, Kamis (11/02) lalu, para penyintas Covid-19 yang mayoritas adalah pegawai PLN Group Jawa Timur mengikuti tahap pengambilan sampel untuk memastikan kondisi sesuai syarat & kriteria pendonor plasma.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Nyoman S. Astawa, menyampaikan bahwa gerakan donor darah yang digelar PLN dapat membantu memenuhi kebutuhan darah, khususnya plasma konvalesen untuk membantu proses penyembuhan pasien Covid-19.

Baca Juga  Tahun Ini Cuti Bersama Hanya 2 Hari Saja

“Kegiatan ini bentuk kepedulian PLN di tengah kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, kerjasama PLN Group Jawa Timur & PMI Surabaya merupakan bentuk nyata kontribusi & dukungan terhadap program pemerintah yakni Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang belum lama dicetuskan,” tutur Nyoman.

Dalam kesempatan itu, PLN secara simbolis juga menyerahkan bantuan berupa blood donor chair senilai Rp 133 juta kepada PMI Surabaya guna menyokong pelaksanaan kegiatan donor. (RedG/bee)

Komentar

Tinggalkan Komentar