oleh

Pendidikan yang Mengalami Kejumudan 

OPINI

Penulis : ASEP AMALUDIN, S.Pd., M.Si. (Dosen UIN Prof. KH. Saifudin Zuhri Purwokerto, Dosen STEMBI Al Aziziyah Randudongkal)

 

Pemalang – Virus Corona Disease atau Covid-19 di Indonesia membawa dampak besar bagi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, keagamaan, maupun di dunia pendidikan. Beberapa Cara Telah dilakukan untuk meninjau mencegah penyebaran virus tersebut, seperti  social distancing, selfquarantine, PSBB bahkan lockdown. Bahkan saat ini di Indonesia hampir mencapai puncak pandemi sehingga Presiden Joko Widodo menetapkan PPKM darurat di Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021 untuk menekan kasus positif Covid-19. Sejumlah kebijakan PPKM yang lebih ketat dari sebelumnya wajib diberlakukan, yakni WFH, penutupan mal, hingga penumpang transportasi umum.

Dampak yang paling terasa adalah pendidikan dimana pembelajaran hampir mencapai titik kejumudan bukan persoalan kuota tetapi persoalan rasa bosan berinteraksi secara virtual dan juga persoalan apabila guru tidak mampu membuat kreativitas untuk membuat variasi pembelajaran daring itu ikut memberikan sumbangsih titik kejumudan dalam pembelajaran. Disisi lain tidak semua orang tua mendukung program sekolah yang mengakibatkan pembelajaran menjadi terhenti bahkan sampai dengan putus sekolah. Hal ini diharapkan mampu menjadi pijakan pemerintah untuk mengambil langkah tepat dalam penanganan Covid’19 sehingga tidak menimbulkan potensi lonjakan kasus berikutnya tetapi dengan tetap memperhatikan kondisi pendidikan yang kian lama kian jauh dari tujuan pembelajaran.

Pembelajaran berani yang sejatinya menjadi solusi malah menjadikan siswa kecanduan bermain Handphone. Ini merupakan peringatanbagi pendidikan di Indonesia. Jika hal tersebut berarti peran orang tua menjadi faktor terpenting bagi pembelajaran yang berani, khususnya untuk melakukan pembimbingan dan pengawasan. Jangan sampai kita menyesal karena telah memutus kualitas generasi penerus bangsa ini. Maka dari itu marilah sebaiknya kita bersama saling bahu membahu dalam menghadapi pandemi Covid’19 ini, di satu sisi pemerintah mencari solusi terbaik bagi bangsa ini di sisi lain sebagai warga negara yang baik ikut mensukseskan regulasi yang telah ditetapkan. Selanjutnya kita berdoa semoga pandemi ini bisa segera usai dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal seperti biasa. Aamiin. (RedG/*)

Baca Juga  Relawan Ganjar Pranowo Berikan Dukungan Moral Ke Koalisi Indonesia Bersatu

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar