oleh

Pendidikan Ekonomi Masyarakat Melalui Ketrampilan

Pemalang – Kegiatan ketrampilan kreatif kadang luput dari perhatian para calon wakil rakyat. Padahal kegiatan ketrampilan berbasis kreativitas inilah merupakan salah satu penopang ekonomi menuju kesejahteraan masyarakat.

Seperti kegiatan ketrampilan yang ada di desa Sungapan. Dikemukakan oleh ketua pemuda desa Sungapan, Kecamatan Pemalang, Agus Riyanto bahwa selama ini dia konsentrasi pada peningkatan ketrampilan pemuda desa melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pembinaan. Seperti pelatihan pemanfaatan limbah stereoform, kerajinan limbah kayu dan lain sebagainya.

Agus merupakan penggagas dan pembuat patung Jenderal Soedirman yang berada di pintu.masuk desa Sungapan.

Hal seperti ini lah yang ditangkap oleh David Santoso, SE Caleg DPR RI Dapil Jateng X bersama-sama dengan kader Perindo DPD Kabupaten Pemalang bahwa pendidikan ekonomi kerakyatan melalui kreatifitas masyarakat perlu didukung dan diarahkan.

David Santosa yang selalu fokus bagaimana bisa membangkitkan ekonomi rakyat langsung melakukan pendekatan dengan pemuda dan siap untuk menjadi pembina nantinya.

Selain Sterofoam masih ada lagi yang membuat David merasa perlu memperhatikan daerah ini yaitu adanya pondok pesantren yang diasuh oleh Kyai Rosidi. Saat ini pesantren sudah berjalan dengan baik termasuk dapat menerima anak didiknya untuk mondok. Biaya operasional pesantren salah satunya melalui penjualan baju yang dikelola oleh para santri dan pengurus pesantren tersebut. Mereka berhasil mendatangkan pembeli ataupun pelanggan untuk menjahit baju di pesantren ini yang hasil keuntungannya digunakan untuk operasional pesantren tersebut.

Dari hasil bincang bincang dengan pengurus dan pembina pesantren David setuju bahwa nantinya akan mengirimkan beberapa mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya untuk menunjang kerja penjahit yang dikelola oleh pesantrean, selain itu david juga menjanjikan akan membantu pembangunan lantai atas pesantren yang digunakan sebagai asrama putri nantinya juga satu unit komputer lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar, sabtu (23/3/2019).

Baca Juga  Kwarcab Pemalang Akan Kelola 15 Ha Bumi Perkemahan

Kyai Rosidi sangat berterima kasih atas spontanitas David caleg DPR RI dari Partai Perindo ini dan mendoakan agar David dengan segala keinginannya membantu masyarakat terkabul dan diridhoi Allah.

Ekonomi Kreatif

Agus Riyanto ketua Pemuda Sungapan sangat berterima kasih atas kunjungan David dan berharap David tidak berubah nantinya setelah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat karena masih banyak aspirasi masyarakat desa Sungapan yang perlu diperjuangkan.

Dalam mencari potensi daerah agar bisa berkembang dan mempunyai penghasilan tambahan David merasa perlu untuk hadir dan bertatap muka secara langsung dengan masyarakat diantaranya hari ini setelah melihat langsung pembuatan souvenir dan meninjau pesantren yang swadaya dalam pembiayaan.

David juga meninjau seorang pengrajin meja kursi yang berasal dari tonggak atau akar kayu jati yang mana bahan bakunya banyak dijumpai di desa Sungapan yang letaknya oersis di tepi hutan jati. Kepada pengrajin ini David berjanji akan melakukan pembinaan lebih jauh karena melihat hasil yang sudah ada dirasa masih kurang disentuh di bidang seninya agar bisa memiliki nilai ekonomis lebih tinggi lagi.

Lebih lanjut David mengatakan bahwa pelaku ekonomi dari masyarakat bawah seperti inilah yang nantinya akan menunjang ekonomi secara nasional untuk mewujudkan masyarakat adil makmur dan sejahteta untuk itu selain berjanji akan terus mendukung, melakukan pelatihan juga berharap agar pemerintah daerah lebih memperhatikan lagi lewat dinas dinas terkait sehingga masyarakat bawah bisa diayomi dan dibimbing agar lebih terarah sehingga pada akhinya.tercipta masyarakat sejahtera. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar