Wonogiri – Upaya Khusus (Upsus) pendampingan ketahanan pangan terus dilakukan para Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0728/Wonogiri, kali ini Babinsa Sukorejo Serda Parjito yang dibantu Pelda Bambang dan Kopka Mulyawan beserta PPL Puhpelem Warto dan Beni melakukan pendampingan pengubinan padi di lahan milik Sumarto Saidi yang berada di Dusun Manggis RT 02/RW 03, Desa Sukorejo, Kecamatan Puhpelem, Selasa(12/2).

Disampaikan oleh anggota PPL Puhpelem Warto, pengubinan tersebut dilakukan untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian seperti padi dan jagung, dalam luasan 1 hamparan (1 ha). Pengubinan ini dilakukan pada tanaman padi yang sudah siap untuk dipanen.

Peralatan yang perlu disiapkan diantaranya bilah besi yang dirangkai sebanyak 4 buah dengan ukuran 2,5 m2, alat timbang dan buku panduan dari BPS untuk mencari random kotak ubinan yang akan diambil sebagai sample perhitungannya.  Selain peralatan utama tersebut, juga harus disiapkan alat bantu lainnya seperti sabit/pemotong padi, alat perontok padi dan sak/kantong plastik.

Babinsa Sukorejo Serda Parjito menyampaikan Hasil Ubin Jenis Padi Inpari 42 dengan Luas lahan 1000 m akan didapat perkiraan hasil panen mencapai 8 Ton padi. Pengubinan di sawah milik Sumarto Saidi selain Babinsa Dan PPL turut hadir pula GPPS Kabupaten Wonogiri Indri Setyowati dan Eko Budi.

Danramil 24/Puhpelem Kapten Inf Tono melalui Babinsa Sukorejo Serda Parjito menyampaikan turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani dalam meningkatkan produktivitas panen padi. Ini merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Babinsa bersama PPL dalam melaksanakan pendampingan kepada para petani.

Sementara itu Sumarto Saidi selaku pemilik lahan menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani mulai pengolahan lahan, masa tanam,  perawatan hingga masa panen. Semoga kegiatan pendampingan seperti ini akan terus berlanjut, Babinsa dan PPL terus bahu-membahu membantu para petani untuk meningkatkan produksi taninya. ( RedG )

Tinggalkan Komentar