Wonogiri-Dalam rangka ikut andil dalam membentuk keluarga yang berkualitas bertempat di Puskesmas Jatisrono 1 Kecamatan Jatisrono, Babinsa Koramil 14/Jatisrono melaksanakan Pendampingan Pelayanan KB dalam Rangka Hari TNI Manunggal KB (Keluarga Berencana) Kesehatan Tahun 2020, Jumat (20/11).

Hadir dalam kegiatan antara lain, Kepala UPTD puskesmas 1 Jatisrono Dr. Kristiawan, Koordinator PLKB Kecamatan Jatrisrono Sih Waryanto. Babinsa Koramil14/Jts Sertu Lasto, Serda Agus P dan Serda Firman S dan tim pelaksana sebanyak 4 orang bidan.

Kepala UPTD Puskesmas 1 Jatisrono dalam sambutannya menyampiakan, Kegiatan KB ini di lakukan dalam Rangka HUT TNI Manunggal KB (Keluarga Berencana) Kesehatan Tahun 2020.

Penggunaan alat KB selama masa pandemi tetap berjalan. Rendahnya pemahaman masyarakat secara umum tentang konsep perencanaan keluarga adalah kendala yang kita hadapi bersama. Secara umum tentang konsep perencanaan keluarga, apalagi mengkaitkan untuk kualitas generasi mendatang yang lebih baik tentu harus di berikan pemahaman terhadap masyarakat.

Sosialisasi lebih digiatkan lagi dengan menggunakan media sosial agar tetap dapat menjangkau masyarakat di saat pembatasan sosial seperti sekarang ini. Antisipasi baby boom pasca pandemi ada semacam trauma di sebagian masyarakat, yang mana konsep KB diartikan dengan penggunaan kontrasepsi bukan perencanaan keluarga untuk kualitas kehidupan yang lebih baik.

Danramil 14/Jatisrono Kapten Inf Subandi yang diwakili Serda Agus Prihatin mengatakan TNI Manunggal KB kesehatan merupakan wujud nyata kepedulian TNI bersama Pemerintah.

“Dengan didukung seluruh lapisan masyarakat untuk terus berupaya mengurangi laju pertumbuhan penduduk sehingga msayarakat lebih maju dalam segala bidang,” kata Babinsa.

Terwujudnya kesehatan masyarakat sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat yang bersinergi, baik dengan TNI, Dinas Kesehatan dan UPTD Puskesmas setempat.

“Momentum kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat Kecamatan Jatisrono ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, terutama dalam hal meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” ungkapnya.

Adapun data aseptor KB di Puskesmas 1 Jatisrono: KB Iud 2 orang. KB Implan 13 orang. KB Suntik 16 orang dan KB Pil 3 orang. (RedG/Aris)

Tinggalkan Komentar