oleh

Penandatanganan MoU Antara KPU Wonogiri dengan Polres Wonogiri tentang Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020

Wonogiri – Bertempat di Aula KPU Kabupaten Wonogiri alamat Jl Gunung Gandul Joho Lor Rt 03 Rw 05 , Kelurahan Giriwono, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri telah berlangsung giat Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Antara KPU Kabupaten Wonogiri dengan Polres Wonogiri tentang Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Wonogiri dan Polres Wonogiri, Kamis (25/6).

Hadir dalam giat Kapolres Wonogiri yang diwakili oleh Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo, S.H, M.H, Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Pamungkas, S.H, Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris KPU Kabupaten Wonogiri Supardi mengatakan agenda tersebut adalah penandatanganan Mou KPU dan Polres Wonogiri untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020.

“Kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara KPU Kabupaten Wonogiri dengan Polres Wonogiri merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan peningkatan sinergitas kerja sama yang terpadu dan berkesinambungan,” katanya.

Supardi menuturkan maksud kesepakatan bersama adalah sebagai pedoman bagi pihak KPU Kabupaten Wornogiri dan Polres Wonogiri dalam rangka Pengamanan Penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri Tahun 2020.

“Tujuan kesepakatan bersama adalah terwujudnya peningkatan sinergitas kerja sama yang terpadu dan berkesinambungan dalam rangka Pengamanan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati
Wonogiri Tahun 2020 agar berlangsung tertib dan aman,” jelasnya.

Sambutan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri Toto Sihsetyo Adi mengatakan KPU dan Polres Wonogiri dipertemukan kembali dalam event Pemilu kali ini Ini sudah kali ke 3 pihaknya melaksanakan MOU yaitu dari 2018 sampai 2020 mulai Pilgub 2018, Pemilu 2019 dan kali ini Pilbup Kabupaten Wonogiri 2020.

“Pada Pemilu dan Pilbub 2020 nanti tantangan yang dihadapi berbeda dengan Pemilu sebelumnya yaitu seperti pada Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, Alhamdulillah kemarin Kabupaten Wonogiri mendapatkn predikat Pemilu dengan pengamanan terbaik no 1 se Jawa Tengah,” jelasnya.

Baca Juga  Ini Agenda Kunjungan Kapolres ke Kismantoro

“Seperti kita ketahui pada awal pentahapan kita menunda pentahapan karena adanya Pandemi Covid – 19 kemudian pada tanggal 15 Juni 2020 semua pentahapan Pilkada dimulai kembali, saat ini masuk pada tahap persiapan pembentukan PPDP ( Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ) yang tentunya dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol kesehatan,” imbuhnya.

Toto menegaskan pada pentahapan Pilkada nanti kegiatan yang sifatnya Pegumpulan massaatau orang banyak dibatasi dalam pelaksanaan pilkada nantinya kegiatan dilaksanakan melalui media sosial.

Sambutan Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo, SH,MH mengatakan event penandatanganan tingkat Jawa Tengah baru Kabupaten Wonogiri yang menandatangani MoU Penyelenggaraan Pengamanan Pilkada, untuk daerah lainnya hasil monitor kegiatan jajaran Polda Jateng belum ada yang melaksanakan.

“Tugas mulia harus didukung oleh semua pihak baik dari eksternal maupun Internal Polri, Polres Wonogiri saat ini sudah terpasang jadwal pentahapan Pilkada beserta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Polres Wonogiri dan telah mendapat arahan dari Kapolres Wonogiri,” ungkapnya.

Dengan adanya MoU tersebut, Polres Wonogri diberikan beban yang besar dalam Pengamanan Pilkada Kabupaten Wonogiri 2020, karena dinamika pentahapan Pilkada seperti perubahan anggaran, perubahan pentahapan, perubahan TPS, jumlah pemilih , tentunya membutuhkan perhatian khusus supaya semua segera diantisipasi.

“Pada Pilkada nanti jangan heran jika para petugas seperti di TPS akan menggunakan Pakaian APD karena saat ini masa Pandemi Covid – 19 yang mau tidak mau harus menerapkan Protokol Covid – 19 karena situasi berbeda dan itu sudah protap, termasuk nantinya dalam hal pelaksanaan kegiatan lainnya maupun pengamanan juga harus memperhatikan protokol kesehatan untuk itu makanya perlu dibahas lebih lanjut antara Polres Wonogiri dan KPU Wonogiri,” bebernya.

Lebih lanjut Edi menambahkan, Polres Wonogiri siap mendukung jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2020 khusus dalam hal pengamanan agar kegiatan dapat berjalan dengan aman , lancar dan sukses dan semoga Pandemi Covid – 19 cepat selesai. (Red)

Komentar

Tinggalkan Komentar