oleh

Penanaman Disiplin Sejak Dini

Wonogiri-Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini, inilah yang dilakukan anggota Koramil 21/Bulukerto Kodim 0728/Wonogiri Pelda Bambang dan Serka Dadang.

Guna menciptakan kepribadian para siswa yang berdisiplin dan bertanggungjawab, anggota Koramil diberi kepercayaan untuk memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Wasbang di SMPN 2 Bulukerto yang diikuti oleh 123 siswa-siswi baru, Kamis (19/7).

Pelda Bambang menyampikan, dengan dilatihkannya PBB (Peraturan Baris Berbaris) kepada siswa-siswi, diharapkan dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya para siswa mampu menerapkannya baik disekolah maupun dilingkungan tempat tinggal masing-masing. Karena PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan dalam gerakan, belajar mendengar aba-aba perintah dan patuh serta belajar untuk mengatur emosi.

Pelda Bambang menambahkan bahwa pelatihan baris berbaris dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Koramil 21/Bulukerto Kodim 0728/Wonogiri, baik dilingkungan pendidikan maupun dilingkungan Instansi yang membutuhkan, dan semua ini merupakan bentuk rasa tanggung jawab TNI khususnya TNI-AD dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Selanjutnya perlu diketahui pula bagi siswa tentang pentingnya pengetahuan “Wawasan Kebangsaan”. Menurutnya, pembekalan mental bagi siswa sangat diperkukan melalui ngetahuan tentang kebangsaan serta menjadi putra dan putri bangsa untuk turut ikut membangun bangsa. Sejak dini wawasan kebangsaan dapat diberikan kepada murid-murid disekolah, karena dengan pembekalan yang didapatkan berupa materi tentang sejarah, karakter, kedepan dapat membantu dalam proses belajar mengajar para siswa, ungkap Pelda Bambang.

Selain itu, diharapkan bagi pelajar dapat meningkatkan motivasi dalam belajarnya setelah menerima pengetahuan sejarah, melalui sejarah dapat mengerti bagaimana cara hidup sesuai berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, pungkas bambang

Baca Juga  Musyawarah Kampung KB Desa Kepuhsari

Pada kesempatan itu Kepsek SMPN 2 Bulukerto, Dra Retno Hartini mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI Koramil 21/Bulukerto atas kesediaan untuk meluangkan waktu, dalam mendukung kegiatan LDK di SMPN 2 Bulukerto saat ini.

“Kami berharap bapak TNI terus bisa mendampingi kami dalam memberikan pelatihan serta pengetahuan yang lainnya, sehingga kegiatan ini dapat merubah kepribadian dan karakter siswa-siswi di SMPN 2 Bulukerto dan anak didik kami menjadi lebih berdisiplin dan tertib,” tegasnya. (RedG-Aris).

Komentar

Tinggalkan Komentar