oleh

Pemkab Pemalang Mereview Masterplan Smart City

Pemalang – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang menyelenggarakan review masterplan smart city Kabupaten Pemalang, di salah satu hotel di Kabupaten Pemalang, rabu (5/2).

Bupati Pemalang di Wakili oleh sekretaris daerah kabupaten Pemalang Dr. Muhammad Arifin membuka kegiatan ini. Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa kepala dinas dan perwakilan OPD se Kabupaten Pemalang, perwakilan beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Pemalang.

“Tahun 2020 merupakan tahun ketiga Kabupaten Pemalang bergabung dalam
Gerakan Menuju 100 Smartcity, dan Saya
menyambut baik atas inisiatif penyelenggaraan kegiatan ini, karena banyak diantara kita
yang masih perlu pemahaman lebih lanjut tentang masterplan smart city.” kata sekda dalam sambutannya.

Lebih lanjut sekda mengemukakan bahwa Gerakan smart city atau kota cerdas adalah wadah bagi kita untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Pemalang dalam kegiatan yang kongkrit. Smart city juga merupakan sebuah konsep yang dirancang bagi suatu kota untuk dapat mendorong peningkatan kualitas kehidupan manusia dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Metode pemecahan masalah yang dilakukan secara konvensional, kini dirasa tidak dapat lagi mengimbangi
kecepatan pertumbuhan yang timbul. Oleh karena itu dibutuhkan solusi-solusi baru yang lebih
inovatif dan memiliki jangkauan pemecahan masalah yang lebih besar.

Dalam review masterplan smart city ini, Kominfo menggandeng tiga narasumber Dr. Hasyim Gautama, CISM, ISMS-LA, dari direktorat layanan aplikasi Informatika pemerintahan, Dr. Windy Gambetta akademisi byang menjadi pendamping dan pembimbing smartcity Kabupaten Pemalang, dan Drs. Yudilaksono, M.Si. dari pemerintah kabupaten Pemalang. (RedG).

Komentar

Tinggalkan Komentar