oleh

Pemkab Pemalang Dorong Produksi Kopi Pemalang

Pemalang – Kopi salah satu produk pertanian yang  cukup dikenal di Indonesia, saat ini permintaan kopi di pasar internasional cukup besar, termasuk pula permintaan ke Kabupaten Pemalang. Besarnya permintaan ini maka pemerintah Kabupaten Pemalang bekerjasama  Perhutani bersama masyarakat diseputar hutan untuk menanami lahan disela sela tegakan milik Perhutani.

 

Hal ini disampaikan Bupati Pemalang Junaedi, usai membuka Job Fair 2018, di gedung Serba Guna Pemalang, Rabu, (17/10/2018).

Dikatakan, selama ini banyak permintaan kopi dari berbagai negara, seperti Philipine, dan Thailand, namun permintaan tersebut, tidak dapat dipenuhi, karena keterbatasan produksi kopi di wilayahnya.

Untuk memenuhi permintaan eksport tersebut, pihaknya sedang menjajagi kerja sama dengan Perhutani, khusus di daerah Pulosari, di bawah – bawah tegakan tanaman Perhutani itu, untuk dapat dimanfaatkan oleh petani agar bisa ditanami kopi, dan selanjutnya kerja sama dengan Perhutani tersebut, dengan sistem bagi hasil.

Kerjasama ini, di maksudkan untuk me back up kebutuhan permintaan kopi, yang selama ini belum terpenuhi oleh petani kopi Pemalang.

“Ya sekarang ini kan banyak permintaan, tapi tidak terpenuhi hasil pertanian itu,”, ujar Junaedi.

Sedangkan untuk peningkatan sumber daya petaninya, pihaknya telah melakukan pelatihan – pelatihan, kepada para petani melalui Dinas Pertanian setempat.(RedG/ay)

Komentar

Tinggalkan Komentar