oleh

Pemkab Bateng, Lepas Keberangkatan 177 Peserta, Program Mudik Gratis

Pangkalan Baru — Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu bersama Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman mengibarkan bendera start yang menandakan pelepasan keberangkatan rombongan bus program Mudik Gratis Bangka Tengah 2023 di Areal Bandara Depati Amir, Senin (17/04/2023).

Program Mudik Gratis ini merupakan program yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bateng melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Diperkimhub) Bateng untuk warga dengan domisili Bangka Tengah yang ingin mudik ke kampung halaman secara gratis.

Menanggapi hal ini, Suganda Pandapotan memberikan apresiasi terhadap terobosan yang dilakukan oleh Pemkab Bateng ini.

“Ini sebuah inovasi yang luar biasa, terima kasih Pak Bupati atas program mudik gratis ini. Saya harap program seperti ini bisa ditiru oleh daerah lain di Babel karena dapat mempermudah masyarakat,” ujar Suganda.

Ia juga mengharapkan agar para pihak penyelenggara terkait program ini dapat membantu kelancaran dari para pemudik ini.

“Selamat jalan untuk para pemudik, hati-hati dijalan. Nikmati perjalanannya, sampaikan salam saya untuk keluarga disana dan selamat Idul Fitri,” imbuhnya.

Saat ditemui, Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

“Program mudik gratis ini yang perdana di Bangka Tengah dan ini kita laksanakan untuk memberikan kemudahan kepada warga Bateng khususnya yang ingin melaksanakan lebaran di kampung halamannya,” ujarnya.

Algafry mengatakan program ini bisa terlaksana berkat dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak yang terlibat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam program ini, ada dari Damri, Bank Sumsel, PT. Timah dan lainnya. Ini merupakan kolaborasi yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga  Rumah Terbakar, Akibat Percikan Busi

Ia juga berencana agar kedepannya program mudik gratis ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan menambah armada serta jumlah pemudik.

“Untuk para pemudik, nikmati perjalanannya, mohon maaf lahir batin dan selamat sampai tujuan,” tutup Algafry.

Kepala Diperkimhub Bateng, Fani Hendra Saputra menjelaskan program mudik gratis ini memberikan fasilitas berupa bus untuk pemudik yang berasal dari Bateng untuk menuju Sumatera dengan membagi keberangkatan selama 2 hari untuk total 177 pemudik yang sudah terdaftar.

“Kita menyiapkan armada sebanyak 7 bus dan keberangkatannya dilaksanakan mulai 17 April sebanyak 3 bus dan 18 April ada 4 bus. Tujuannya adalah ke Pelabuhan Tanjung Kelayang Muntok dan sampai pemudik menyebrang ke Pelabuhan Tanjung Api-api di Sumsel kita gratiskan,” tutupnya (RedG/**)

Komentar

Tinggalkan Komentar