oleh

Pemkab Bangka Tengah Terima Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023 dari BPK Babel

PANGKALPINANG – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, hadir di Aula Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023, Kamis (18/01/2024).

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan ini diserahkan oleh Kepala BPK Kantor Perwakilan Babel, Flora Anita Diassari, kepada Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, dan Ketua DPRD Bateng, Me Hoa.

Selain Pemkab Bateng, BPK Babel juga menyerahkan laporan hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 kepada Pemkab Bangka Barat, Pemkab Bangka Selatan, dan Pemkab Belitung.

Dalam sambutannya, Flora Anita Diassari mengatakan bahwa tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan negara wajib dilaksanakan oleh pemerintah secara tertib dan efisien. Untuk itu, BPK mengemban tugas dalam melakukan pemeriksaan berdasarkan standar pemeriksaan keuangan.

“Lembaga pemeriksa harus memberi nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat. Pemeriksaan kepatuhan bertujuan untuk memberi kesimpulan atas hasil pemeriksaan,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan berharap dengan adanya penyerahan laporan hasil pemeriksaan ini dapat menjadi perbaikan untuk kepentingan masyarakat.

“Pemeriksaan keuangan ini telah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku, kita semua berharap dengan adanya hasil ini pemerintah di masing-masing Kabupaten bisa meningkatkan lagi kualitas untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Bangka Tengah mengatakan berkomitmen untuk segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan yang telah diserahkan oleh BPK.

“Kita berterimakasih dengan adanya fungsi BPK dalam pemeriksaan keuangan daerah. Setelah ini kami dari Pemkab Bateng akan langsung merespon hasil pemeriksaan ini untuk perbaikan-perbaikan yang dapat bermanfaat untuk masyarakat Bangka Tengah,” ujar Algafry Rahman.

Algafry juga menyebutkan laporan hasil pemeriksaan untuk Kabupaten Bangka Tengah secara keseluruhan sudah baik dan tidak ada permasalahan dengan pemeriksaan tersebut.

Baca Juga  Sogan, Relawan Harus Mandiri

“Secara keseluruhan saya lihat sekilas tadi sudah baik. Memang masih ada beberapa catatan dan kita akan segera tindaklanjuti bersama OPD terkait. Mudah-mudahan kita kembali mendapatkan predikat seperti tahun-tahun sebelumnya,” ucap Bupati Bateng.

Diketahui, laporan hasil pemeriksaan kinerja yang diserahkan BPK kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yaitu Pemeriksaan Kinerja atas Efektivitas Upaya Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Mandatory Spending untuk Mendukung Belanja Daerah yang Berkualitas Tahun Anggaran 2021 sampai dengan Semester I 2023,” imbuhnya (RedG/**).

Komentar

Tinggalkan Komentar