oleh

Pemerintah Pusat Gelontorkan Dana Rp30 Miliar Bangun BLK di Batam

Batam – Pemerintah Pusat menggelontorkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk bangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kawasan Industri Kabil, Nongsa, Kota Batam. BLK tersebut, harapan lama yang baru terwujud di Kota Batam.

“Ini cita-cita kami sejak lama. Beberapa kali kami ajukan, dan Alhamdulillah tahun ini akan terwujud dan kami sangat mengapresiasi Pemerintah Pusat,” kata Walikota Batam Muhammad Rudi usai menyaksikan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Pembangunan BLK dari Badan Pertanahan Nasional Kota Batam.

Sertifikat itu tanah itu diserahkan Wali Kota Batam kepada Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Budi Hartawan, di Graha Citra mas, Rabu (17/2/2021).

Ia berharap, dengan sudah adanya lahan untuk pembangunan BLK tersebut, maka BLK dapat segera dibangun. Rudi mengaku, keberadaan BLK sangat penting untuk menciptakan tenaga kerja andal dan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan yang masuk ke Batam.

“Semua kebutuhan perusahaan bisa disiapkan di sini (BLK). Yang pasti, saat mereka selesai pelatihan, artinya sudah siap pakai dan memiliki keahlian,” ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Binalattas Kemenaker, Budi Hartawan mengatakan, pembangunan BLK Batam tersebut menjadi perhatian Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Ia menyampaikan, Presiden menginstruksikan setiap provinsi harus punya BLK.

“Untuk BLK Batam sesuai rencana Juli dimulai. Kami upayakan saat peletakan batu pertama dihadiri  Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah,” ujarnya.

Sebagai informasi, pembangunan BLK di atas lahan 4,2 hektare tersebut, akan menghabiskan biaya hampir Rp30 miliar. Rencananya akan mulai dikerjakan pada Juli 2021 mendatang. Budi mengaku bangga dengan bakal terwujudnya BLK tersebut. Pasalnya, sejak 2005 sudah punya rencana namun terhambat terbatasnya lahan.

“Dengan adanya sejengkal lahan ini, kami maksimalkan dan semoga keberadaan BLK bisa meningkatkan keterampikan tenaga kerja,” katanya. (RedG/Bayu)

Komentar

Tinggalkan Komentar