oleh

Pemerintah Akan Optimalkan Penanganan Kasus Covid-19 di RS

Jakarta – Mengingat angka kasus Covid-19 masih meningkat terus, Pemerintah akan mengoptimalkan penanganan kasus Covid-19 di rumah sakit-rumah sakit (RS) hingga 30%. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

Kebijakan pemerintah itu, lanjut Airlangga, menyikapi perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang masih meningkat. Dimana angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia hingga 3 Januari 2021 jumlah mencapai 110.679 kasus. Untuk itu, kata dia, peningkatan tempat tidur di rumah sakit di Indonesia.

“Pemerintah akan melakukan dengan rumah sakit-rumah sakit. Dimana alokasi untuk penanganan Covid-19 ditingkatkan menjadi 30% dan Pak Menteri Kesehatan akan mempersiapkan hal tersebut,” ujarnya dalam keterangan persnya usai Rapat Terbatas mengenai Laporan KPCPEN, di Kantor Presiden, Senin (04/01/2021).

Selain itu, kata Airlangga, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga akan melakukan penambahan tenaga kesehatan, terutama peningkatan jumlah perawat.

“Kementerian Kesehatan akan menambah jumlah tenaga kesehatan. Targetnya 10.000 (tenaga kesehatan), terutama peningkatan perawat sejumlah 7.900 orang dari 141 fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Pemerintah juga, lanjut Mantan Menteri Perindustrian (Menperin) ini, akan mendorong penguatan implementasi tata laksana Protokol Kesehatan Covid-19, terutama di fasilitas kesehatan nonrujukan. Juga diperlukan penerapan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) secara tepat sasaran.

“Pemerintah terus mendorong peningkatan daripada surveilans, baik itu tes, lacak, maupun isolasi,” pungkasnya. (RedG/Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed