Wonogiri – Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai.

 

Bertempat di Giriwoyo kompleks, anggota Saka Wira Kartika Koramil 05/Baturetno,
melaksanakan Kegiatan Penjelajahan dengan menaiki deretan Gunung Payung dengan arah tujuan Puncak Telogo Mardido, Minggu (9/9).

Selaku Pamong Saka Serma Eko Prasetyo anggota Koramil 05/Baturetno, Instruktur Saka Pelda (Purn) I Ketut S. Serda Tarto. Dan Serda Wahyudi dan anggota Saka Wira Kartika angkatan 1 berjumlah 8 Orang, anggota Saka Wira Kartika Angkatan ll berjumlah 17 orang.

Selaku Pamong Serma Eko Prasetyo menyampaikan tujuan latihan itu untuk mendidik generasi muda agar lebih disiplin dan mampu menjadi generasi penerus bangsa yang berguna terhadap bangsa dan negara. “Kegiatan ini dilakukan karena sudah menjadi tugas TNI AD untuk membina pramuka melalui Saka Wira Katrika yang ada di wilayah masing-masing satuan,” ujar Serma Eko Prasetyo”.

Rangkaian kegiatan dimulai dari Koramil 05/Baturetno, dilanjutkan perjalan menuju Giriwoyo, selomarto. Selanjutnya diadakan pengecekan alat dan perlengkapan personil dan matriil. kemudian berjalan menuju Puncak Gunung Payung, Telogo Mardido dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit. Dan ketinggian Gunung Payung sekitar 541 MDPL. (RedG)

Tinggalkan Komentar