Wonogiri – Babinsa Koramil 05/Baturetno, Kodim 0728/Wng, Serma Eko, memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Pramuka Saka Wira Kartika, dan perkenalan anggota Saka Wira yang baru, bertempat di halaman Koramil Batuwarno, Sabtu (1/9/18).

 

Dalam kegiatan tersebut di hadiri Serma Eko Prasetyo selaku Pamong Saka Putra, Novikq Ayu selaku Pamong Saka Putri, Pelda Purnawirawan Ketut dan Serda Wahyudi selaku instruktur Saka, dan diikuti sekitar 45 Praswika angkatan 1 dan 2, 85 Capraswika 85 orang, yang tergabung dalam keanggotaan Pramuka Saka Wira Kartika binaan Koramil 05/Baturetno.

Menurut Serma Eko, selaku Babinsa di Koramil Baturetno yang juga bertindak sebagai Pamong Saka Putra menyebutkan, dalam kegiatan pembejalan tersebut, anggota Pramuka Saka Wira Kartika, akan diberikan materi pelatihan yang meliputi, tali temali (pionering), navigasi darat, dan wawasan kebangsaan, larangan penggunaan narkoba atau obat-obat terlarang lainnya, dan himbauan memanfaatkan medsos dengan bijak.

Pada kesempatan itu, Dandim 0728/Wng Letkol Inf M. Heri Amrulloh melalui Danramil 05/Baturetno Kapten Inf Sumadi, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Pramuka yang baru dan telah bergabung dengan kakak-kakak Praswika yang senior, semoga setelah bergabung dengan Saka Wira Kartika para adik-adik yang baru bisa dapat menyesuaikan dengan materi yang akan di berikan oleh instruktur.

“Semoga bekal ilmu tentang kepramukaan yang akan diterima seperti latihan Tali Temali (Pionering) dan lain lain yang diberikan oleh Pamong Saka Kak Sea Eko Prasetyo dapat menjadi bekal dan bermanfaat bagi adik-adik Pramuka,” sebut Kapten Inf Sumadi.

Danramil menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan bagian integral dari Gerakan Pramuka dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Hal itu dimaksudkan, dengan harapan para pemuda atau kalangan pelajar yang juga sebagai generasi penerus bangsa lebih kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang kejuruan, serta memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif, yang dinilai dapat memberikan bekal bagi kehidupan dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka meningkatkan ketahanan wilayah.(RedG)

Tinggalkan Komentar