Pembangunan Dimulai Bulan Agustus Penerima Bantuan Undi Nomor Kavling Rumah

Bangka Tengah — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (Diperkimhub) Bangka Tengah berkolaborasi dengan Kejakasaan Negeri Bangka Tengah menggelar kegiatan sosialisasi penentuan kavling rumah beserta kegiatan penerangan hukum terkait mafia tanah di Kabupaten Bangka Tengah, bertempat di Gedung Serba Guna Desa Kurau, Jumat (21/06/2024).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan pemukiman kumuh yang berada di sempadan Desa Kurau Barat dan Desa Kurau akan direlokasi ke lokasi yang sesuai dengan tata ruang wilayah, yang sudah memenuhi kualifikasi dan mendapatkan persetujuan rencana kegiatan DAK Tematik PPKT TA 2024 kawasan kumuh Kurau Kabupaten Bangka Tengah, sesuai surat Sekretariat Direktorat Jenderal Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR RI Nomor: PR0204-SF/500 tanggal 15 Desember 2023.

“Pembangunan rumah swadaya akan dimulai di bulan Agustus 2024 sehingga di bulan Desember akan fokus untuk pembongkaran rumah warga di lokasi eksisting dan proses pindah warga ke lokasi baru,” ucap Algafry.

Selanjutnya, Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan sosialisasi ini adalah untuk menentukan kavling berdasarkan lokasi 1, 2, dan 3 untuk pembangunan rumah yang akan direlokasi.

“Penentuan kavling tersebut sudah memiliki lokasi yang jelas dan secara resmi dalam perencanaan pembangunannya,” ujar Algafry.

Ia berharap pembagian kavling bisa dilakukan secara merata dan juga adil sesuai keputusan bersama.

“Pemerataan yang dimaksud termasuk pemerataan akses terhadap infrastruktur dasar seperti jalan, listrik, air bersih, dan saluran pembuangan. Hal ini penting untuk memastikan setiap kavling memiliki akses yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari guna menciptakan keseimbangan sosial dan ekonomi di antara penghuni area tersebut,” imbuh Algafry.

Terus berkolaborasi, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Tengah, Muhammad Husaini mengatakan bahwa Kejari Bateng akan terus melakukan pendampingan pada proyek strategis daerah ini dari awal sampai akhir.

“Sudah masuk ke tahapan selanjutnya, yakni pembangunan pada bulan Agustus. Kami terus melakukan koordinasi dan pertemuan dengan Diperkimhub Bateng secara berkesinambungan agar target kita pada bulan Desember bisa tercapai,” ungkap Husaini.

Sementara itu, Kepala Diperkimhub Kabupaten Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra mengatakan jumlah warga yang akan direlokasi ke lokasi yang baru, yaitu sebanyak 119 KK dengan luas lahan yang baru, yakni 3,23 HA yang sudah ditetapkan melalui SK Penetapan Lokasi Nomor: 188.45/323/DPUTRP/2022 tanggal 14 Januari 2022.

“Lokasi eksisting yang akan direloksi berada di RT 001 Dusun 2, RT 006 dan RT 007 Dusun 1 Desa Kurau Barat, selanjutnya RT 001 dan RT 005 Dusun 1 Desa Kurau dengan total luas 2,28 HA,” kata Fani.

Dirinya berharap agar seluruh kegiatan relokasi ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun guna terciptanya hunian yang layak bagi masyarakat di kawasan Kurau.

“Kita juga dapat bantuan dari pusat, yaitu program pemugaran rumah di bagian daratan pada tahun 2025 sebanyak 66 rumah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi area kawasan kumuh dan saat ini tim sedang mengkaji agar program ini nantinya terlaksana dengan baik,” imbuhnya (RedG/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *