oleh

Pemanfaatan Media Pembelajaran Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Daring Program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M)

Karanganyar – Grup Riset Eduscape jurusan Sosiologi-Antropologi FKIP UNS mengadakan pengabdian masyarakat yaitu dengan mengadakan pelatihan kepada guru guru SMA Sosiologi SMA di Kabupaten Karanganyar. Guru guru yang hadir tergabung dalam Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi
Memasuki era baru dalam dunia pendidikan yaitu wacana pemberlakuan kurikulum baru “Merdeka Belajar” disetiap jenjang pendidikan baik dari jenjang pendidikan dasar, menengah hingga pendidikan tinggi, menuntut adanya kesiapan dari para guru utamanya untuk menyambut pemberlakuan kurikulum tersebut dengan persiapan pembelajaran yang matang berbasis pada perkembangan teknologi digital atau virtual.

Sambutan dari Drs. Sumarno. MH Kepala Sekolah SMA Negeri Karangpandan mengatakan mata pelajaran sosiologi dapat memberikan motivasi kepada siswa untuk memberikan berbagai permasalahan kepada anak. Karena mata pelajaran sosiologi mengandung nilai-nilai yang berdampak positif bagi perkembangan anak.

Selanjutnya dia mengatakan kepada para guru MGMP dalam memberi pembelajaran kepada siswa untuk bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas, dan bekerja ikhlas.

Dalam memberikan sambutannya ketua Riset Grup, Yuhastina, Ph. D mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pembelajaran guru di era kurikulum merdeka belajar ini.

Peneliti bermaksud memberikan pelatihan bagi para guru dengan pengembangan teknologi pembelajaran berbasis kelas virtual dengan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran Kelas virtual untuk pembelajaran daring bagi guru sosiologi SMA/MA se Kabupaten Karanganyar. Pelatihan tersebut menggunakan platform Google Slide yang didalamnya terkoneksi dengan berbagai platform lain untuk bahan ajar, assement pembelajaran dan presensi kehadiran.

Menurut Ketua RG Kelas virtual merupakan kelas berbasis web, di mana guru dan siswa dapat berinteraksi kapan saja, di mana saja tidak terbatas tempat dan waktu. Dengan menggunakan kelas virtual, komunikasi guru dan siswa bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu bertatap muka secara langsung, sepanjang bisa terhubung dengan internet.

Baca Juga  Tempat Kopi Asik dan Nyaman, Rong Tjangkir Suguhkan Kopi Brebesan Hingga Nusantara

Selain itu, pembelajaran menggunakan metode ini berpusat pada siswa, sehingga siswa bisa terpacu untuk aktif dan kreatif dalam kegiatan perkuliahan.

Dalam evaluasi pembelajaran, guru dapat melakukan berbagai metode penilaian yang lebih bervariasi, sehingga potensi siswa dapat tergambarkan dengan baik dan orang tua atau wali juga dapat memonitor kegiatan siswa.

Adapun susunan pengurus Riset Grup Eduscape, sebagai Ketua Yuhastina,Ph. D, sedangkan anggotanya terdiri dari : Dr. Danang Purwanto, Bagas Narendra Parahita, S. Pd, M.Si, Dwi Astutik, S. Pd, MA, Ghufronudin, S.Pd, M. Sos, dan mahasiwa Sosiologi Antropologi. FKIP, UNS yang ikut menjadi panitia yaitu nama Ghoni Arifin, Satna Deswandari.
Pengadian masyarakat yang dilaksanakan pada Hari Selasa, jam : 09.00 -12.00 WIB, yang dilaksanakan di Aula meeting room SMA Negeri Karangpandan.

Menurut Ketua MGMP Kabupaten Karanganyar Sutarno, S. Pd, S. Sos selalu mendukung dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi khususnya dengan jurusan Sosiologi Antropologi FKIP UNS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik dari sisi pengajar maupun untuk meningkatkan pengetahuan pelajar siswa .

Adapun sasaran dari pengabdian masyarakat ini adalah guru- guru Sosiologi SMA Kabupaten Karanganyar yang tergabung dalam Komunitas Musyarawah Guru Mata Pelajaran (MGMP)Sosiologi SMA Kabupaten Karanganyar yang diikuti sekitar sejumlah 30 orang guru.
MGMP diketuai oleh Sutanto, S. Pd, M. Pd dimana dia adalah salah satu guru sosiologi yang mengajar di SMA Karangpandan.

Organisasi ini merupakan organisasi profesi guru resmi yang berada di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
Pengurus dan anggota organisasi ini adalah seluruh guru Sosiologi SMA/ MA baik sekolah negeri maupun swasta dalam lingkup Kabupaten Karanganyar dengan jumlah keseluruhan adalah 35 orang.
Secara struktural, susunan organisasi MGMP Sosiologi Kabupaten Karanganyar Secara struktural, susunan organisasi MGMP Sosiologi Kabupaten Karanganyar periode 2017- 2020 adalah sebagai berikut:
1. Ketua : Sutanto, S. Pd, S. Sos.
2. Sekretaris : a. Suharyono, S. Sos.
b. Dra. Herlina Bratawati
3. Bendahara : a. Dra. Hj. Partini
b. Roch Mulyati, S. Sos
4. Bidang Perencanaan dan Pelaksanaan Program
a. Ami Priyono, S. Pd
b. Cahyo Suryani, S. Pd
5. Bidang Pengembangan Organisasi, Administrasi dan Sarana Prasarana
a. Nur Widiyanto, S. Sos, M. Pd
b. Ririn Fitri Z, S. Sos

Baca Juga  Walau Trend Covid di Kota Semarang Turun, Hendi Akan Turunkan 50% Mobilitas Warga

Selasa, 22 September 2020, Grup Riset Eduscape dari Sosiologi Antroplogi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan pengabdian masyarakat yang mengambil tema “Pemanfaatan Media Pembelajaran Kelas Virtual Dalam Pembelajaran Daring”. Pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan kepada guru-guru SMA Sosiologi di Kabupaten Karanganyar yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Kabupaten Karanganyar.

Riset Grup yang diketuai oleh Yuhastina, Ph.D dan beranggotakan Dr Danang Purwanto, M.Si, Dwi Astutik. S.Pd, MA, Gufronudin, S.pd, M.Si dan Bagas Narendra Parahita, S.pd, M.Si.(red)

Komentar

Tinggalkan Komentar