Pemalang – Tiga unsur perangkat desa yakni Sekretaris Desa, bendahara (Kaur Keuangan) dan Kasi Perencanaan dari 19 desa di Kecamatan mengadakan latihan tata cara menggunakan dan mengisi aplikasi Siskeudes di aula Balaidesa Pedurungan Kecamatan Taman, Senin (25/2/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Sekdes se Kecamatan Taman ini berlangaung dengan akrab, karena sengaja tidak menghadirkan pembimbing atau pelatih sehinga masing-masing perangkat bisa menanyakan kepada perangkat lain yang sudah menguasai sehingga tidak ada canggung dan merasa malu untuk bertanya.

Ketua Forum Komunikasi Sekdes se Kecamatan Taman Casmad juga Sekdes Desa Kaligelang menyampaikan, pelatihan bersama aplikasi Siskeudes untuk kapasitas aparatur desa, yakni aparaturnya dulu dibenahi sehingga mampu menjalankan tugas sesuai tupoksi dan dapat menjalankan dengan baik.

“Tiga perangkat desa ini yang acap kali bersinggungan dengan aplikasi ini,” ujarnya.

Karena masih tergolong awal, kata Casmad, banyak kendalanya, apalagi dengan perubahan kode rekening, bidang maupun kegiatan, termasuk aplikasi Siskeudes versi terbaru.

“Ditambah para perangkat desa yang baru, perlu terus dilatih,” kata Casmad.

Staf Kasi PMD Kecamatan Taman Slamet Rohmani menambahkan, berlatih bersama Siskeudes (Sistem Kuangan Desa) bertujuan agar pelaksanaan APBD Kecamatan Taman pada akhir Maret sudah menggunakan aplikasi Siskeudes sistem terbaru. Sehingga nanti pencairan desa baik ADD, bantuan keuangan desa maupun bantuan dari kabupaten lainnya sudah tercover di APBDes, juga untuk mempermudah SPJnya.

“Makanya target Maret tigavpwrangkat desa ini sudah harus menguasai,” papar Slamet.

Upaya yang dilakukannya adalah dengan melakukan hal yang sama bergilir tempatnya ke desa-desa lainnya selama 10 kali giliran. Harapannya bisa menguasai sehingga pada outputnya nanti baik RKPDes, RAPBDes RPJM bisa menggunakan Siskeudes.

“Masyarakat bisa megetahui dan tertib adminiatrasinya, tidak ada penyimpangan dikemudian hari,” terangnya (RedG Rokhim )

Tinggalkan Komentar