oleh

Pelatihan Pie Ubi Mahasiswa KKN UPGRIS

Kendal – Perkembangan dalam pengolahan pangan pada saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan variasi makanan yang beraneka ragam. Salah satu bahan baku yang paling banyak dikembangkan adalah produk olahan tepung. Seiring dengan meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap olahan tepung seperti contohnya rainbow cake, ombre cake, dan lain sebagainya. Akan tetapi, kreasi tepung untuk diolah menjadi pie masih sedikit dilakukan.

Pie ubi merupakan olahan makanan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu dan ubi , dan beberapa bahan tambahan lain yaitu margarin, gula , susu dan sayuran. Proses pembuatan Pie Ubi meliputi Tahapan penyiapan bahan baku, penimbangan, pencampuran, pencetakan, penuangan isi ke kulit pie, pemanggangan, pendinginan, dan pengemasan. Penggunaan ubi jalar dalam pembuatan kulit pie jarang dilakukan oleh produsen pembuat kue pie, sedangkan kulit pie biasanya dibuat dengan menggunakan fla susu atau buah-buahan. Maka dari itu dilakukan inovasi pembuatan kue kulit pie dengan campuran dari ubi serta isian pie berisi sayuran yang berupa, kentang, wortel, bawang bombai dan sosis untuk menambah cita rasa gurih agar berbeda dengan pie pada umumnya.

Mahasiswa  Universitas PGRI Semarang yang sedang melakukan KKN di Desa Karangmanggis, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal tepatnya di Dusun Karangmanggis dan Dusun Candi mengadakan pelatihan membuat pie ubi yang memiliki rasa gurih, minggu (9/2)
dirumah ibu Sumijah.

Pelatihan yangddiberikan ini nantinya suatu rangkaian dengan program Sosialisasi Digital Marketing dengan tema “Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing”.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan ibu-ibu PKK dapat mengubah olahan ubi menjadi suatu inovasi produk baru yang bernilai jual tinggi, kemudian dengan adanya sosisalisasi dapat menambah wawasan kepada warga Desa Karangmanggis mengenai bagaimana cara memasarkan produk yang dimiliki secara online. Sosialisasi tersebut diisi oleh Dosen Universitas PGRI Semarang yaitu oleh Dr.AB Prabowo KA.,M.HUM. (RedG/Mila)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed