oleh

Pelantikan Pengurus HIMACITA 2023, Merawat Tanah Kelahiran di Kota Pelajar

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta (HIMACITA) telah melangsungkan acara pelantikan pengurus HIMACITA periode 2023-2024 pada hari Minggu, 12 Maret 2023 berlangsung di Asrama Wijayakusuma, Sleman, Yogyakarta.

Pelantikan ini dihadiri oleh pembina HIMACITA, Alumni, dan perwakilan Organisasi Mahasiswa Cilacap Yogyakarta (OMCY) dari berbagai kampus, serta ketua IKPM Jateng Yogyakarta.

Dengan mengusung tema “Optimalisasi Sumber daya Anggota HIMACITA dalam Membangun Kontribusi Terhadap Daerah”. Dalam sambutannya ketua HIMACITA, Karman Eka Febrianto mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat jaringan komunikasi antar mahasiswa Cilacap di Yogyakarta serta meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab dan peran aktif mahasiswa dalam membangun daerah serta harapanya bisa bekerja sama dengan Pemkab maupun berbagai elemen masyarakat khususnya yang berada di Kab Cilacap nantinya.

Selain itu, pelantikan ini juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya pemateri Stadium General di isi oleh Ghevi Khomsah Chabibi S.Kom sebagai alumni pengurus Himacita angkatan 2018 menyampaikan bahwa “Teman-teman pengurusan diharapkan mampu untuk melihat kekuatan dan peluang yang bisa di optimalkan dalam merancang program kerja dalam membangun kontribusi terhadap daerah, salah satunya dari segi forum diskusi dan penelitian terkait kedaerahan”.

Tidak hanya itu, Forum Group Disscussion dimeriahkan dengan kehadiran dosen UIN Sunan Kalijaga prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Khotibul Umam M.Si sekaligus sebagai Pembina Himacita memberikan sambutan serta arahan kepada pengurus bahwa “Perlu di ingat, sebagai pengurus organisasi mahasiswa daerah kalian harus bisa berimbang antara akademik dan pengabdian masyarakat, yang terpenting ialah bagaimana cara teman-teman pengurus mampu merawat kearifan lokal dalam era digitalisasi saat ini, semisalanya pengurus dapat memanfaatkan peluang media dalam meresearch dan mempublish baik itu terkait kondisi UKM di lingkungan sekitar, permasalahan sosial serta permasalahan terkait pendidikan di Cilacap sebagai langkah terapan dalam hal kontribusi ke daerah”.

Baca Juga  Kenang WR. Soepratman, Heningkan Cipta Sejenak

Ketua IKPM Jateng Yogyakarta Royyan Hidayat S.Psi menyampaikan bahwa “Pentingnya kemandirian mahasiswa dalam mengembangkan potensi diri dan memperkuat organisasi mahasiswa daerah, dengan saling memiliki satu sama lain, saling mengingatkan kesadaran akan tujuan merawat kearifan lokal di kota pelajar.”
Singkatnya, dengan rasa semangat ia berpesan “Kita mungkin tidak bisa memenuhi kebutuhan semua orang, namun, bila ada salah satu dari kalian yang bersedia secara sadar mau peduli dengan organisasi kedaerahan maka tidak menuntup kemungkinan itu bisa berdampak baik untuk seluruh elemen masyarakat di tanah kelahiran”.

Pelantikan pengurus HIMACITA periode 2023 ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa Cilacap di Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas dan kinerja organisasi. Semoga acara ini dapat menjadi motivasi bagi pengurus yang baru untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi masyarakat. (RedG/Awin Kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar