oleh

Pelaku Usaha Makanan di Pemalang Mendapat Bimbingan Keamanan Pangan

Pemalang –  Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dalam Forum for Economic Development and Employment Promotion (Fedep) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pemalang bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Pemalang menggelar Kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dimulai Kamis (10/2) di aula Dinas kesehatan Kabupaten Pemalang.

Menurut Panji Setyawan, Pendamping cluster olahan makanan dan minuman dari Fedep Pemalang mengadakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 89 pelaku usaha di Kabupaten Pemalang. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, diberlakukan penerapan protokol kesehatan, sehingga nanti ada 5 kelompok bimtek, setiap kelompok diikuti 20 peserta.

Lebih lanjut Panji menjelaskan bahwa bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha agar produk yang dihasilkan terutama produk makanan nantinya mendapat sertifikat penyuluhan keamanan pangan untuk mendapatkan nomor ijin dinas kesehatan (PIRT) pangan industri rumah tangga.

Kegiatan yang tidak dipungut biaya ini diprioritaskan bagi pelaku usaha yang telh  bergabung dalam PEL kluster olahan makanan dan minuman Fedep Pemalang.

“Untuk menjadi anggota kluster olahan makanan dan minuman fedep pemalang gampang, yang penting mempunyai produk sendiri bukan reseller” ungkapnya

Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang yang diwakili oleh Kepala Bidang  pelayanan dan sumber daya kesehatan dr. Abdul Haris.

Dalam kesempatan itu, dr. Haris menekankan bahwa bimtek ini untuk mengajak pelaku usaha dibidang makanan untuk bertanggung jawab dalam pengolahan makanan yang aman, higienies dan tentunya menarik sehingga mampu dipasarkan bukan saja di kabupaten Pemalang bahkan di luar pemalang.

“Supaya mereka mengelola produksi olahan makanan pangan dirumahan itu menjadi terstandar kesehatan yang nantinya mendapat sertifikasi dari Dinas kesehatan” harap dr. Haris.

Baca Juga  Bupati Junaedi Akan Pantau Kondisi Pemalang Lewat Teleconference

Ada tiga narasumber yang membahas mengenai cara produksi pangan yang baik bagi industri rumah tangga pangan (CPPB-IRT), bahan tambahan pangan dan terakhir Kemasan Pangan.

Menurut Abdul Hakim salah satu narasumber dari Dinas Kesehatan mengemukakan dengan adanya bimtek ini pelaku usaha mampu menjaga mutu dan keamanan pangan yang dihasilkannya. (RedG/SWE)

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed