Wonogiri – Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri bersama Generasi Digital Indonesia (GRADASI) menyelenggarakan Kelas UMKM Go Digital, Sabtu (14/11) pukul 09.00-15.00 WIB, di Kampus STAIMAS Wonogiri.

Kegiatan bertemakan ‘STAIMAS Bersama GRADASI Membangun Negeri’ itu menghadirkan empat pembicara yaitu Rochmawati Solikhah, SHI, SH, S.PdI, M.Pd (dosen STAIMAS), Sukesti Nurwantari (Ketua GRADASI Wonogiri), Yustinus Dwi Atmojo (Mentor Enterpreneur dan UMKM) dan Angga Prasetyo (Team DnA Entrepreneur).

Pada acara itu hadir Pembina Yayasan Karya Emas Center (YKEC) Hj.Endang Maria Astuti SAg, SH, MH. YKEC merupakan yayasan yang memayungi STAIMAS Wonogiri.

Endang menyatakan STAIMAS mendukung penuh kegiatan yang mendukung pengembangan UMKM.

“Senang bisa sharing di kegiatan ini. Jangan pernah berhenti meski bapak dan ibu pelaku UMKM belum menembus level yang lebih atas. Terus berupaya tingkatkan kreativitas agar hasilnya ke depan bisa untuk mensejahterakan keluarga,” papar Endang yang duduk di Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Rochmawati mengingatkan pentingnya bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Ia mengajak pelaku UMKM benar-benar memanfaatkan medsos untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya sebagai sarana untuk memasarkan produk UMKM.

“Saring dulu baru sharing. Bijak dalam menggunakan media sosial. Bijak dalam bertukar informasi,” imbuh Rochmawati.

Pada kegiatan itu, Yustinus memaparkan tahap-tahap menjadi seorang pengusaha. Pertama, starting yaitu sebagai pemiliknya owner dan operating seorang pelaku usaha apapun menjalaninya sendiri dari produksi sampai penjualan. Pada tahap ini harus memiliki ilmu berjualan. Kedua, running yakni pemiliknya owner manajemen dan ilmu yang harus dimiliki yaitu manajerial mengatur uang, mengatur orang dan mengatur penjual.
Yustinus menambahkan, tahap ketiga adalah growing.

“Pemiliknya owners investor ini sudah saatnya anda berinvestasi ilmu yang harus dimiliki dan tugasnya adalah membesarkan aset. Ditambah lagi mesti dimiliki SOP yang jelas, punya mindset pengusaha pantang gagal kalau gagal belajar usaha lagi,” paparnya.

Beberapa produk UMKM Wonogiri yang ditampilkan diantaranya chiki tempe pedas, mete super, brownies thiiwool dan keripik talas.(RedG/Aris)

Tinggalkan Komentar