oleh

PDAM Tirta Mulia Pemalang Lakukan Sosialisasi Hibah Air Minum Di Moga

Pemalang – Sosialisasi calon pelanggan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) program air minum hibah tahun 2019 dilakukan oleh PDAM Tirta Mulia kabupaten Pemalang untuk wilayah Moga di Pendopo Kecamatan Moga, Rabu (26/12/2018).

Sosialisasi yang dihadiri oleh sekitar 100 calon pelanggan dari masyarakat kecamatan Moga, dihadir pula oleh camat Moga Drs Andri Adi, M.Si, anggota forkompinca kecamatan moga, Dewan Pengawas PDAM Tirta Mulia Dr. Muntoha.

Sebagai tuan rumah camat Moga Drs. Andri Adi, M.Si., mengapresiasi adanya sosialisasi calon pelanggan MBR oleh PDAM Tirta Mulia bagi masyarakat kecamatan Moga pada khususnya. Ia juga berharap agar masyarakat yang dikatagorikan MBR dapat menerima dan memanfaatkan program ini dengan baik. Menurut dia, dimana pasokan air PDAM Tirta Mulia Pemalang saat ini aliran airnya sepanjang tahun lancar.

Sedangkan Sugeng Riyadi, SE Koordinator Cabang Selatan PDAM Tirta Mulia Pemalang mewakili Dirut PDAM Tirta Mulia mengemukakan Bahwa Program hibah air minum dari pemerintah Pusat melalui APBN memasuki tahun ke 5 atau terakhir biasa periode lima tahun ini. Serta Alhamdulillah PDAM Tirta Mulia masuk dalam Predikat Program lancar.

Kondisi PDAM Tirta Mulia di Moga saat ini berdasarkan K3 (kualitas, Kuantitas, kontinuitas) dikatagorikan lancar, oleh karena itu Sugeng menghimbau kepada calon pelanggan apabila sudah memasang saluran PDAM untuk tertib dalam membayar tagihan airnya.

“Kalau sudah jadi pelanggan jangan sampai nunggak, karena kalau nunggak kita yang ditegur” kata Sugeng.

Dr. Muntoha selaku Dewan Pengawas menerangkan bagaimana hibah air ini menyasar MBR, dimana hal ini menunjukkan bahwa negara hadir diwarga masyarakat. Dimana PDAM Tirta Mulia menyalurkan program dari pemerintah pusat. Apabila ada kendala aliran air mohon kiranya hal-hal tersebut dikonfirmasi ke PDAM perwakilan.

Baca Juga  Warga desa Karangjambu antusias gotong royong Jelang TMMD

Paparan Hibah Air MBR

Heri Condro Susilo, SE. Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Tirta Mulia memaparkan sosialisasi calon pelanggan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) program air minum hibah tahun 2019 dilakukan oleh PDAM Tirta Mulia kabupaten Pemalang.

Tujuan diadakan hibah sambungan air PDAM bagi MBR untuk meningkatkan cakupan pelayanan air minum perpipaan
yang diprioritaskan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki akses sambungan
air minum perpipaan dalam rangka meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat serta mensukseskan program MDG’s 2015 – 2020.

Menurut Heri bahwa kriteria penerima manfaat MBR yang ditetapkan oleh masing – masing Kepala Daerah. Dimana Kriteria MBR minimal dengan acuan daya listrik yang terpasang pada rumah tangga tersebut kurang atau sama dengan 1300 VA dan 50% di antaranya
target sasaran tersebut memiliki daya listrik kurang atau sama dengan 900 VA, bersedia dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh PDAM dan yang terakhir masyarakat penerima manfaat bersedia membayar biaya PDAM.

“Syarat-syaratnya sederhana. Hanya Mengisi Formulir Pendaftaran rangkap 3 bermaterai 6.000 satu buah; Mengisi Formulir Pernyataan Minat; Foto Copy Rekening Listrik dengan daya listrik yang
terpasang pada rumah tangga tersebut Kurang atau sama dengan 1300 KWh satu lembar; Foto Copy KTP satu lembar dan membayar Biaya Pendaftaran Rp. 380.000-” papar Heri di depan calon pelanggan.

Rincian biaya Rp. 380.000,- adalah untuk biaya administrasi sebesar Rp. 300.000 dan uang jaminan Rp. 80.000,- . Uang jaminan ini untuk membayar biaya air pada dua bulan pertama apabila pakaian kurang dari 10 m³. Sedangkan biaya pendaftaran gratis.

Selain menjelaskan program MBR ini, Heri juga memberikan tips untuk menghemat air PDAM. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar