oleh

Paslon 1 Aktif Bekampanye Resmi, Paslon 2 Belum Pernah, Ada Apa?

Pacitan-Tahapan kampanye Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan,Jawa Timur tahun 2020 sudah berjalan hampir tiga pekan. Pasangan Calon (Paslon)Nomor urut 1,Indrata Nur Bayuaji-Gagarin Sumrambah, tampak aktif berkampanye keliling di berbagai desa. Namun justru sebaliknya dengan pasangan calon nomor urut 2,Yudi Sumbogo-Isyah Ansori belum juga melakukan kampanye secara resmi.

Pasalnya kegiatan kampanye peserta Pemilihan Bupati (Pilbub) Pacitan bisa diketahui dari Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang diterbitkan oleh Kepolisian. Ini merujuk pada Pasal (38) Peraturan KPU (PKPU) Nomor (4) Tahun 2017 tentang kampanye pilkada.

Sebagai mana bunyi dalam peraturan tersebut peserta pilkada wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis terkait kampanye pertemuan terbatas serta pertemuan tatap muka dan dialog kepada aparat kepolisian setempat dengan tembusan disampaikan ke KPU dan Bawaslu sesuai tingkatannya.

Tidak cukup sampai di situ saja. PKPU, pemberitahuan kegiatan politik termasuk kampanye juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2017.

Berdasarkan Informasi yang berhasil dihimpun selama ini. Kepolisian baru menerbitkan STTP untuk Pasangan Calon Nomor Urut 1, Indrata Nur Bayuaji-Gagarin Sumrambah.

Di hubungi melalui sambungan telepon seluler, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto mengatakan bahwa pihaknya belum ada pengajuan STTP untuk pasangan calon nomor urut 2.atau yang lebih di kenal dengan sebutan “Mbois”.

“Ya memang benar.sampai saat ini belum ada pengajuan STTP untuk paslon nomor 2. Baru paslon nomor 1 yang sudah kita terbitkan,” ungkap Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto,Jumat,16/10/2020.

Terpisah Berty Stefanus, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pacitan melalui pesan singkat juga membenarkan bahwa pasangan nomor urut 2 belum ada ijin kampanye dan pihaknya baru menerima surat tembusan STTP dari pasangan calon nomor urut 1.

Baca Juga  Kader PDI perjuangan Pacitan ini Dukung Aji-Gagarin

“Sampai saat ini Saya belum tahu, sudah apa belum. Tapi yang sudah kampanye (Paslon nomor 1) kami sudah dapat tembusan,” jelas Berty, melalui telepon seluler

Hingga berita ini turun, Calon Bupati Pacitan.Yudi Sumbogo, tidak memberikan respon saat dikonfirmasi melalui telepon seluler aplikasi WhatsApp.

Padahal tentang belum adanya kegiatan kampanye resmi yang dilakukan oleh Paslon dua ini menjadi pertanyaan publik di Pacitan dan perlu diketahui bahwa Kampanye merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pilkada nanti.

Di samping itu masyarakat juga lebih mengenal siapa-siapa orangnya dan juga apa visi-misinya untuk masyarakat Pacitan ke depan.( red ) pop

Komentar

Tinggalkan Komentar