oleh

Pangdam IV Diponegoro Apresiasi Hasil TMMD Reguler 113 Kodim 0711 Pemalang

Pemalang – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono didampingi Danrem 071/ Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga meninjau langsung pelaksana kegiatan sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 113 Kodim 0711 Pemalang, di Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, Selasa (7/6).

Sebelum ke lokasi sasaran fisik TMMD, kedatangan rombongan Pangdam IV Diponegoro disambut dengan tarian Kebo Ijo dari sanggar Kaloka Pemalang.

Hadir dalam penyambutan, Dandim 0711 Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah beserta Forkompimda Kabupaten Pemalang.

Pangdam IV Diponegoro, mengemukakan bahwa TMMD Reguler 113 Kodim 0711 Pemalang merupakan satu diantara empat TMMD Reguler yang diadakan oleh Kodam IV Diponegoro. Kegiatan TMMD ini merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat. Dimana TNI dari semua unsur dan dibantu oleh kepolisian (dalam hal ini Polres Pemalang) bersama-sama masyarakat menyelesaikan jalan yang menghubungkan dua kecamatan ini.

Mayjen TNI Widi Prasetijono, juga mengapresiasi pengorbanan masyarakat Desa Pegiringan yang telah menyumbangkan sebagian tanahnya untuk pelebaran jalan menjadi 3 meter dikanan-kirinya.

“Masyarakat juga saya lihat berkorban, disini terlihat jelas dimana kanan kirinya adalah tanah warga, kemudian dengan pembukaan Jalan diperbesar menjadi 3 meter ini, apalagi ditambah selokan tentunya merupakan pengorbanan besar”, kata jenderal bintang dua ini.

Disamping itu, Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1993 mengemukakan peran serta masyarakat untuk membuat jalan ini cukup besar, gotong royong terlihat dalam pelaksanaan TMMD Reguler 113 Kodim 0711 Pemalang ini.

Tentunya, jalan yang menghubungkan dua kecamatan ini nantinya dapat ditingkatkan dan menjadi jalan masyarakat kedua kecamatan. Karena merupakan salah satu jalan alternatif bagi masyarakat petani untuk mengangkut hasil panen maupun pengolahan lahan, serta yang penting adalah mempermudah anak-anak sekolah menuju dan pulang sekolah.

Baca Juga  Jateng Telah Siapkan Ketentuan Pembelajaran Tatap Muka di Bulan Juli Mendatang

Sebagaimana dipaparkan oleh Dansatgas TMMD Reguler 113 Kodim 0711 Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, sasaran fisik fokus pada pembukaan dan pembuatan jalan makadam nyang menghubungkan Desa Pegiringan di Kecamatan Bantarbolang dengan Desa Mangli di Kecamatan Randudongkal, sepanjang 1.670m dengan lebar 3 meter dengan ketebalan 20 cm. Selain itu juga dibuat bangunan pendukung berupa jembatan plat beton dua unit dengan panjang 5 meter, lebar 1,2 m dan tinggi 130 cm. Talud 4 unit dengan panjang 4 meter, lear 1,2 meter dan tinggi 2 meter.

Walaupun belum selesai 100 persen, dansatgas optimis sasaran fisik akan selesai tepat waktu karena hanya kurang memberi lapisan pasir diatas batu yang sudah tertata rapi. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar