oleh

Panen Raya Padi Mapan P-05 Binaan Kodim 0710 Pekalongan

Pekalongan – “Panen Raya Program Ketahanan Pangan Kodim 0710/Pekalongan Dengan Menggunakan Benih Padi Hibrida Mapan P-05 dan Pupuk Hayati Cair Extragen Kabupaten Pekalongan 2021″ merupakan tema program ketahanan pangan oleh Kodim 0710 Pekalongan.

Panen raya yang dipusatkan  di Desa Sidomukti kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, pada selasa (16/3), sekaligus  sebagai pilot project diterapkannya program ketahanan pangan oleh Kodim 0710/Pekalongan.

Program yang diprakarsai Dandim 0710/Pekalongan tersebut didukung penuh Pemkab melalui dinas Pertanian dan Kementerian Pertanian RI. Turut terlibat juga PT Indoraya Mitra Persada dan BPD Jateng.

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Czi Hamonangan Lumban Toruan dalam kesempatan tersebut menjelaskan, dasar dirinya menggagas desa Sidomukti dipilh sebagai plot project program ketahanan pangan Kodim 0710/Pekalongan adalah bagaimana merubah pola selama ini dari meningkatkan hasil panen menjadi meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Saya melihat program pemerintah yang ada sekarang itu bagaimana meningkatkan hasil panen masyarakat. Saya coba ubah polanya dari bagaimana meningkatkan hasil panen menjadi bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani” tutur Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menerangkan bahwa meningkatnya hasil panen belum menjamin meningkatnya kesejahteraan petani. Realitanya sebelum tanam petani berhutang ke tengkulak. Pada saat panen, tengkulak menekan harga. Sehingga yang diterima petani hanya sisa hutang.

“ Program saya dibantu PT Indoraya dan BPD Jateng. Saya punya mekanisme bagaimana cara untuk menumpas tengkulak sehingga petani tidak mempunyai ketergantungan padanya. Kami sudah sosialisasikan kepada seluruh petani di wilayah desa ini, ke depan kami akan putuskan mata rantai dengan tengkulak. Jadi petani apabila mau tanam dan tidak punya uang, tidak perlu hutang ke tengkulak, tetapi melalui Koperasi Kodim 0710/Pekalongan. Kebetulan Kodim 0710 sebagai distributor tunggal pupuk Extragen,”jelasnya

Baca Juga  HUT TNI Ke-73 Kodim 0710 Pekalongan Gelar Donor Darah

Sementara itu Wakil dari Direktorat perluasan dan perlindungan lahan Kementrian Pertanian RI, Reni, berharap dengan produk Extragen dapat memperbaiki kesuburan tanah sekaligus menjadi hal positif yang dapat membantu petani meningkatkan indeks produksi dan pertanamannya. Dan satu hal yang harus diperhatikan yaitu perlindungan lahan mengingat Kabupaten Pekalongan adalah sentra lumbung pangan sehingga kedepannya lumbung pangan tidak cepat dialihfungsikan.

Tampak hadir dalam Panen Raya Program Ketahanan Pangan Kodim 0710 Pekalongan di Desa Sidomukti, Staf ahli Panglima Kodam IV Diponegoro Bidang Ekonomi, Kol Inf Tri Suseno S Sos, Kapolres Darno SH.,SIK, Kajari, wakil dari Dirjen sarana prasarana pertanian perlindungan dan perluasan lahan Kementrian Pertanian RI, Wakli Dinas Pertanian, Dirut PT Indoraya mitra persada, Dirut Primasid andalan putra, Pimpinan Bank Jateng kota Pekalongan serta para gapoktan. (RedG/Rus)

Komentar

Tinggalkan Komentar