oleh

Panen Padi Desa Suci Bersama TNI

Wonogiri – TNI yang berasal dari rakyat, akan selalu dekat dengan rakyat dan berada di tengah-tengah rakyat. Hal tersebut diterapkan oleh para Babinsa yang ada di jajaran Kodim 0728/Wng, dengan penuh keakraban Babinsa Koramil 13/Pracimantoro membantu masyarakat petani yang sedang melaksanakan kegiatan panen padi.

Dalam rangka mendukung program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 13/Pracimantoro Serda Samsu Ashar turun ke sawah membantu petani memanen padi di Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Rabu (20/2).

Pendampingan kepada petani oleh Babinsa dilakukan dengan sangat humanis penuh kekraban dan dengan suasana kekeluargaan, sehingga para petani merasa tidak canggung menerima kehadiran babinsa di tengah-tengah mereka.

Membangun kedekatan dan kepercayaan kepada seluruh elemen masyarakat termasuk petani menjadi langkah penting bagi Babinsa di wilayah binaan.

Hal serupa yang selama ini sudah dilakukan oleh seluruh anggota Koramil 13/Pracimantoro termasuk Serda Samsu Ashar saat melakukan tugas pendampingan.

“Mereka para petani saya anggap seperti saudara sendiri, kami turun ke sawah bersama, menyiapkan lahan, menanam, merawat dan memanen bersama, bahkan kami juga makan di sawah bersama mereka,” tutur Samsu.

Di tempat terpisah, Danramil 03 Pracimantoro Kpt Cba Budi Waluyo mengatakan, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan bentuk pendekatan emosional terhadap petani dan masyarakat binaannya, hal ini untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah.

“Koramil Pracimantoro akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kabupaten Wonogiri,” katanya.

Sementara itu, Slamet selaku pemilik lahan menyampaikan kegembiraannya saat dibantu oleh Babinsa memanen padinya.

Baca Juga  Laka Ngadirojo, Vario Tabrak Pejalan Kaki

“Maturnuwun Pak Babinsa telah membantu saya memanen padi. Tadinya saya pikir tentara hanya bisa pegang bedil, ternyata pandai juga bertani dan luwes bawa sabit,” kata Slamet sambil tersenyum. (RedG)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed