oleh

Operasi Bocor, Satpol-PP Bangka Tengah Sita Alat Tambang Ilegal

Bangka Tengah – Tim Gabungan (Timgab) Satpolpp Bangka Tengah bersama Polsek Pangkalanbaru tertibkan aktifitas Tambang Timah Inkonveksional (TI) Rajuk Tungau di Daerah Aliran Sungai Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Sangat disayangkan, aktifitas TI Rajuk tungau itu diduga bocor, dan didapati semua pekerja kabur dan beberapa alat TI tungau telah diangkat.

Sekretaris Satpol-PP Bangka Tengah, Wawan kurniawan membenarkan kedatangan pihak sudah bocor. Aktifitasnya tidak adalagi, hanya beberapa alat TI rajuk tungau tertinggal di DAS Desa Padang baru.

“Laporan masyarakat yang menambang disana itu banyak, namun tersisa hanya beberapa unit dan sudah kami amankan sebagai barang bukti,” kata Wawan sembari menyebut barang bukti itu terdiri dari 2 unit mesin robin, beberapa pipa spiral, selang dan mata rajuk.

Menurut Wawan selain alat TI rajuk tungau, Timgab juga mendapati satu unit PC mini warna orange beraktifitas di lokasi. Operator PC tersebut langsung diserahkan ke Polsek Pangkalanbaru untuk diproses lebih lanjut.

“Tadi kunci PC mini juga kita serahkan ke pihak kepolisian, berikut operatornya,” ungkap wawan.

Wawan menegaskan akan terus memantau aktifitas di beberapa titik penambangan illegal di Desa Padang baru. Menurutnya, warga setempat sudah resah, sehingga minta tertibkan dengan tegas.

“Terus terang kami juga kesal, razia hari ini bocor. Kedepan anggota akan standbye memantau setiap hari. Beraktifitas lagi, kita sikat,” tegas wawan.

Saat dintanyai masalah satu unit PC mini, Kapolsek Pangkalanbaru AKP Joko murtono justru menyangkal ada satu unit PC mini beroperasi disana. Pengakuan ini berbanding terbalik dengan fakta dilapangan, dan dibenarkan oleh Satpolpp Bangka Tengah.

“Di das tdk aktifitas d tdk ada pc,” kata Joko saat dihubungi via WhatssApp (WA).

Baca Juga  Pangdam IV/Diponegoro Bantu Anggota Dan Keluarga Prajurit Yang Membutuhkan

Dari TI Rajuk Tungau yang ditertibkan menyebut nama Ataw sebagai pemilik, namun di sangkal Ataw karena dirinya hanya membantu orang.

“Bukan punya saya, saya hanya membantu. Itu punya anak buah yang minta bantu pas ada razia tadi,” kata Ataw saat dihubungi by Phone.(RedG)

  • Penulis : Rizal Phalevi
  • Editor : Sarwo Edy

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed