oleh

Olahraga Bola Basket ala Klub Old Star Jambi, Attitude First Skill Later

JAMBI – Olahraga tak hanya bermanfaat untuk anak-anak muda. Bola basket adalah salah satu kegiatan yang bisa dinikmati semua usia.

Nah di Kota Jambi, ada sebuah klub basket yang sudah cukup lama berdiri. Kalau dilihat dari namanya, kalian mungkin sudah bisa menebak dari kalangan usia apa.

Klub basket satu ini bernama Old Star. Sudah tahu kan? Artinya isinya kebanyakan orang-orang yang sudah tak lagi berada di usia muda.

Orang-orang yang dulu sangat aktif bermain bola basket, dan ingin terus sehat lewat olahraga ini. Meski begitu, mereka tetap rutin latihan bersama. Minimal 2 kali dalam seminggu.

Jadi, setelah melakukan rutinitas pekerjaan masing-masing, mereka melepas penat lewat memainkan bola basket.

Klub basket Old Star ini, memang tak melulu mengejar skill atau kemenangan. ‘Attitude First, Skill Later’ menjadi semboyan mereka yang ada di dalam Old Star.

“Di sini, kita saling menghargai. Karena selain olahraga dan cari keringat, silaturahmi yang harus tetap dijaga,” kata Randa, yang dipercaya teman-temannya sebagai ketua Old Star.

Walau namanya Old Star, bukan berarti klub ini menutup diri bagi anak-anak muda. Mereka membuka diri untuk siapa saja yang ingin bergabung.

Sistem kekeluargaan yang dibangun Old Star ini, memang cukup menjadi magnet bagi anak-anak muda.

Lihat saja saat latihan bersama di Mall WTC Batanghari, hari Minggu tanggal 15 Oktober 2023. Banyak anak-anak muda yang energik bergabung.

Nah untuk itu, diambil dari berbagai sumber, yuk kita lihat alasan olahraga bola basket cocok untuk orang tua:

1. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Bola basket melibatkan gerakan seperti lari, melompat, dan bergerak cepat. Ini membantu orang tua meningkatkan kebugaran mereka.

Baca Juga  Ketiga Startup di Jateng Dinobatkan Sebagai Hetero for Startup

Bagi mereka yang mungkin sehari-hari tidak terlalu aktif secara fisik, bermain bola basket secara rutin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan stamina, dan memperkuat otot.

2. Memperbaiki Keseimbangan dan Koordinasi

Bola basket membutuhkan keseimbangan tubuh dan koordinasi yang baik. Olahraga ini membantu melatih otak dan tubuh dalam menjaga keseimbangan, serta meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

Kemampuan ini dapat membantu orang tua dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih lancar dan aman.

3. Meningkatkan Sosialisasi

Bermain bola basket dengan teman-teman sebaya dapat menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan sosial, dan memperluas lingkaran pertemanan.

Ini juga membantu mengatasi masalah isolasi sosial yang kadang-kadang muncul seiring bertambahnya usia.

4. Menurunkan Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Aktivitas fisik melepaskan endorfin, dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan.

Selain itu, bermain dengan fokus pada permainan dapat membantu menjauhkan pikiran dari kekhawatiran sehari-hari, memberikan istirahat yang sangat diperlukan.

5. Memberi Teladan yang Baik

Bagi orang tua, terlibat dalam olahraga, termasuk bola basket, dapat menjadi contoh yang baik bagi generasi muda.

Ini mengajarkan nilai penting tentang menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup aktif, dan bagaimana bekerjasama secara tim dengan baik.

Terlepas dari apakah kalian ikut bermain atau hanya menonton, bola basket dapat menjadi cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menikmati hidup di usia apapun.

Nah tunggu apa lagi, pakai sepatu basket kalian, bermainlah bersama teman-teman, dan enjoy the game! (RedG /*)

Komentar

Tinggalkan Komentar