oleh

Nikmati 5 Kuliner Khas Sukabumi, Mana yang Paling Enak?

Sukabumi – Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyimpan banyak obyek wisata yang menjadi incaran wisatawan. Mayoritas destinasinya berupa wisata alam mulai dari pantai, air terjun, perbukitan, goa, dan lainnya.

Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi. Sementara, jarak dari DKI Jakarta sekitar 115 kilometer (km) dengan waktu tempuh tiga-empat jam menggunakan kendaraan pribadi.

Selain memiliki berbagai Destinasi Wisata alam yang menyejukkan dengan Potensi wisata yang cukup menarik, terdapat juga berbagai kuliner atau makanan Khas Sukabumi yang menggugah selera anda.

Kuliner Khas Sukabumi cocok untuk anda yang akan berwisata ke sana dan dengan berbagai Makanan yang khas serta menggugah Selera anda, serta banyak di jumpai di berbagai Tempat yang ada di sana.

Berikut Kuliner khas Sukabumi yang bisa anda nikmati selama berwisata ke sana.

1. Mochi Lampion

Kamu pasti juga sudah tidak asing dengan mochi. Makanan khas Sukabumi ini aslinya berasal dari Jepang yang kemudian dibawa oleh tentara Jepang saat menjajah Indonesia.

Kue ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai halus dan kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat.

Di Jepang sendiri, kue ini sering dijadikan sajian saat perayaan tahun baru Jepang. Mochi memliki ciri khas rasa yang manis, lembut dan lengket saat dimakan.

Di Sukabumi sendiri, mochi yang paling terkenal adalah Mochi Lampion yang juga dikenal dengan Mochi Kaswari.

2. Bubur Ayam

Bubur ayam menjadi salah satu makanan khas Sukabumi yang wajib kamu coba saat pertama kali menginjakkan kaki di Sukabumi nih.

Banyak dijual lewat pedagang kaki lima maupun restoran, bubur ayam di sini memiliki isian topping cukup melimpah yang dijamin bisa membuat perut hangat dan kenyang seketika.

Baca Juga  Walikota Magelang Fasilitasi UMKM Pemalang di Kyai Langgeng

3. Nasi Uduk Ungu

Nasi uduk merupakan salah satu kuliner nusantara yang sangat populer. Namun, di Sukabumi kamu bisa menemukan nasi uduk yang berbeda daripada di daerah lainnya, yaitu nasi uduk Ungu.

Makanan khas Sukabumi ini mendapatkan warna ungu dari campuran buah ubi ungu dan juga bit. Seperti layaknya nasi uduk, makanan khas Sukabumi ini juga disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti ayam goreng kemiri, tahu, tempe, telur dadar, dan lalapan segar.

4. Nasi Tutug Oncom

Pilihan makanan khas Sukabumi selanjutnya adalah Nasi Tutug Oncom. Kelezatan dari kuliner Sukabumi berupa nasi yang dimasak bercampur dengan oncom dan bumbu lainnya ini sudah sangat tersohor.

Disajikan dengan berbagai lauk pauk khas Sunda lainnya, kuliner asal Sukabumi ini layak masuk daftar makanan yang wajib dicoba saat singgah ke Sukabumi.

5. Geco

Geco yang disingkat dari Tauge-Tauco adalah makanan khas Sukabumi dan Cianjur. Bahan utamanya adalah tauco khusus yang dibungkus dalam daun karakas (daun pisang yang sudah tua) dan tauge segar yang direbus setengah matang, ketupat, potongan kentang kecil, potongan telur rebus, mie aci (mie yang terbuat dari kanji), cuka lahang (cairan fermentasi dari pohon enau), kecap manis dan sambal cabai rawit.

Sekilas jika dilihat dari tampilannya, makanan ini sejenis dengan kupat tahu. Bedanya geco menggunakan tauco sebagai saus yang menambah cita rasa asam, manis, segar dan gurih dalam satu makanan.(RedG /Alwin Kamal)

Komentar

Tinggalkan Komentar