Nahkoda Baru Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Bumiayu Brebes Periode 2022-2027

Bumiayu Brebes – Muhammadiyah dan Aisyiyah Cabang Bumiayu Brebes baru saja menuntaskan Musyawarah Cabang (Musycab) periode Muktamar ke-48. Hasilnya, baik Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah Cabang Bumiayu sama-sama dipimpin ketua baru, Ahad, (30/7/2023).

Musyawarah Cabang (Musycab) Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu Periode Muktamar ke-48 yang berlangsung selama tiga hari (Jum’at-Ahad, 28-30 Juli 2023) merupakan agenda rutin persyarikatan setiap lima tahun sekali. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Wakil Ketua PDM Brebes, Ustaz M. Faqih Maftuh, S.Ag., M.Pd pada hari Jum’at Kliwon, 28 Juli 2023 dan ditutup oleh Ketua PDM Brebes, Drs.H.Joko Mulyanto, M.Pd di Hanggar SMK Muhammadiyah Bumiayu, tutur Faiz Hanani, S.Pd, MM selaku Ketua Panitia Pelaksana Musycab.

Faiz Hanani juga menegaskan bahwa Perhelatan akbar tingkat cabang Bumiayu tersebut disemarakkan dengan diawali rangkaian jalan sehat yang diikuti oleh 11.000 warga persyarikatan dengan hadiah utama 2 unit sepeda motor dan doorprize lainnya yang mewah dan menarik. Kegiatan tersebut semakin semarak ketika Prof.Dr.H.Abdul Mu’ti, M.Ed selaku Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dihadiri oleh ribuan jama’ah dam tamu undangan dari berbagai unsur pemerintahan, ormas keagamaan serta beberapa anggota DPRD Brebes dan DPRD Jawa Tengah, ungkap Kepala SMK Mutu Bumi.

Ketua Panlih Musycab Muhammadiyah, Muhammad Firmanudin, M.Pd menyatakan Musycab Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu Periode Muktamar ke-48 yang berlangsung selama tiga hari (Jum’at-Ahad, 28-30 Juli 2023) telah berhasil memilih nahkoda baru PCM dan PCA Bumiayu periode 2022-2027 melalui sistem e-voting yang berlangsung lancar dengan menggunakan 10 unit perangkat chromebook

Ia juga menyatakan bahwa pada hari kedua (Sabtu, 29 Juli 2023) telah ditetapkan Calon Tetap Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Bumiayu. Adapun calon tetap PCM Bumiayu adalah sebanyak 24 orang. Sedangkan calon tetap PCA Bumiayu berjumlah 24 orang, tambahnya.

Ketua Panitia Pemilihan PCM Bumiayu tersebut kemudian menjelaskan bahwa jumlah pemilih sebanyak 105 peserta Musycab Muhammadiyah telah berhasil memilih 11 orang anggota formatur dari 24 calon tetap PCM.
Adapun 11 orang formatur yang telah dipilih oleh peserta Musycab Muhammadiyah Bumiayu adalah: Drs. H. Sukmono (81 suara), H. Imam Sairi, S.Pd.I (80 suara), H. Dedi Ikhwanudin, S.Pd (78 suara), Indra Purwanto, M.Pd (77 suara), Syaefudin, S.Pd.I (74 suara), Suharsono, S.P (68 suara), Suedi, S.Ag, S.Kom, M.Pd (54 suara), Ali Sudrajat, S.Pd (51 suara), Sarna, M.M.Pd (51 suara), Drs. H. Abdul Mufti (4 suara), dan Emmi Fatkhun Najah, ST., MBA (48 suara).

“Setelah 11 anggota formatur yang dipimpin oleh Drs. H. Sukmono sebagai calon formatur yang memperoleh suara terbanyak mengadakan rapat tertutup yang cukup alot, karena adanya berbagai pertimbangan dan diskusi, maka akhirnya diperoleh konsensus bahwa roda kepemimpinan PCM Bumiayu periode 2022-2027 dipercayakan kembali kepada Drs. H. Sukmono sebagai Ketua yang didampingi oleh Indra Purwanto, M.Pd sebagai sekretaris”, ungkapnya.
Sementara itu, Musyawarah Cabang Aisyiyah yang berlangsung di Aula SMK Mutu Bumi juga telah berhasil memilih 5 anggota formatur dari 24 calon tetap Pimpinan Cabang Aisyiyah.

Ketua Panitia Pemilihan PCA Bumiayu, Eviatun Amanah, S.Pd menjelaskan bahwa jumlah pemilih sebanyak 92 peserta Musycab Aisyiyah telah berhasil memilih 5 orang anggota formatur dari 24 calon tetap PCA.
Adapun 5 orang formatur yang telah dipilih oleh peserta Musycab Aisyiyah Bumiayu adalah: Siti Eviatun Amanah, S.Ag (52 suara), Hj. Siti Khasanah, S.Pd (52 suara), Eni Wihayati, S.Pd (48 suara), Hj. Nurotul Aeni, S.Pd (39 suara), dan Titin Fatimah, S.Pd (37 suara).

Setelah 5 anggota formatur yang dipimpin oleh Siti Eviatun Amanah, S.Ag sebagai calon formatur yang memperoleh suara terbanyak mengadakan rapat tertutup yang cukup alot. Setelah melalui diskusi yang panjang, akhirnya diperoleh sebuah hasil konsensus bahwa roda kepemimpinan PCA Bumiayu periode 2022-2027 diamanahkan kepada Hj. Siti Khasanah, S.Pd sebagai Ketua yang menggantikan Dra. Hj. Siti Bariroh, M.Pd yang didampingi oleh Eni Wihayati, S.Pd sebagai sekretaris”, ungkapnya.

Ada hal yang menarik mengenai regenerasi yang terjadi di PCM Bumiayu hasil Musyawarah Cabang periode muktamar ke-48 yaitu adanya generasi muda yang masuk jajaran pleno atau anggota formatur pada musyawarah cabang tersebut. Terdapat beberapa nama yang termasuk darah segar meminjam istilah Prof.KH.Dr.Din Syamsudin, MA dan KH. Dr. Buya Anwar Abbas, MM yang telah dipilih oleh peserta Musycab menjadi anggota formatur. Mereka adalah H. Dedi Ikhwanudin, S.Pd (48 Tahun), Indra Purwanto, M.Pd (41 Tahun), dan Emmi Fatkhun Najah, ST., MBA (47 Tahun). (RedG/Tarqum Aziz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *