oleh

Muncul di Karawang, Satgas Gerak Cepat Antisipasi Penyebaran Virus B117

Jakarta – Varian baru virus Corona jenis B117 telah muncul di Indonesia. Virus Corona asal Inggris ini dikabarkan masuk ke Tanah Air lewat dua warga Karawang, Jawa Barat (Jabar) yang merupakan Tenaga Kersa Asing (TKA) di Arab Saudia.

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Daud Achmad mengatakan, pasca terkonfirmasi munculnya virus B117 ini di warga Karawang tersebut, pihaknya langsung bergerak cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus B117 ini.

Menurutnya, saat ini tim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan Provinsi serta Kabupaten juga telah melakukann survei lapangan untuk melacak keberadaan virus ini lebih jauh.

“Sesuai dengan statement pak gubernur, hari ini tim dari Kemenkes dan Dinkes sedang survei ke lapangan,” ujar Daud, seperti dikutip dari detik.com, Rabu (3/3/2021).

Sebagai informasi, masuknya varian baru virus Corono jenis B117 ini bertepatan dengan peringatan setahunya virus Corona di Indonesia. Keberadaan virus asal Inggris ini disampaikan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

“Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus,” kata Dante dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi oleh akun YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penangan Covid-19, Wiku Adisasmito menegaskan, pemerintah telah melakukan penjagaan di pintu masuk Indonesia dengan surveilans terhadap pelaku perjalanan internasional.

“Saat ini pemerintah sudah melakukan surveilans kedatangan dari luar negeri untuk mencegah masuknya strain Covid-19 di pintu masuk Indonesia. Selanjutnya merupakan tanggungjawab kita semua mencegah penularan terjadi di masyarakat dengan disiplin melakukan protokol kesehatan,” tutur Wiku dalam keterangan pers, di BNPB, Jakarta, Selasa (2/3/2021).(RedG/ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed