oleh

Mulus, Jalan Simpang Ahok Hingga Buper Sungai Gelam di Rigid Beton BPJN Jambi

MUAROJAMBI – Salah satu misi dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) adalah mempercepat pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas guna meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan pelayanan sistem logistik nasional bagi penguatan daya saing serta mempercepat pembangunan infrastruktur permukiman dan perumahan rakyat dengan prinsip “infrastruktur untuk semua”.

Selain itu BPJN secara terpadu dari pinggiran didukung industri konstruksi yang berkualitas untuk keseimbangan pembangunan antar daerah, terutama di kawasan tertinggal, kawasan perbatasan, dan kawasan perdesaan, dalam kerangka NKRI.

Sedangkan P2JN (Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional) merupakan Instansi yang bertugas dalam menyusun program penanganan jalan, sehingga terwujudnya pengelolaan, pemeliharaan dan pembangunan jalan dan jembatan secara, Terpadu, Partisipatif, Berkelanjutan, Berwawasan Lingkungan Aman dan Bermartabat.

Kali ini BPJN Jambi melakukan pembangunan jalan Nasional yang berada di Simpang Ahok hingga Bumi Perkemahan (Buper) Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.

Pantauan di lapangan, sebagian jalan Nasional menuju Bumi Perkemahan (Buper) telah selesai dikerjakan pihak BPJN Jambi, meskipun masih ada beberapa titik yang saat ini masih dikerjakan oleh pihak BPJN itu sendiri.

Kepala BPJN Jambi Ibnu Kurniawan saat dikonfirmasi menyebutkan saat ini untuk Pekerjaan Rekonstruksi jalan Simpang Ahok sampai Simpang Buper Sungai Gelam sedang dikerjakan, yang mana dikerjakan menggunakan jenis perkerasan kaku berupa rigid beton dengan mutu tinggi (fs’ 4.5 MPa).

Terkait adanya di media sosial yang menyebutkan tidak menggunakan besi atau tulang pada bagian bawah, Kasatker P2JN Jambi menjelaskan bahwa dibagian bawahnya sudah dilapisi lantai kerja dengan beton fc’ 10 MPa untuk meratakan beban-beban lalu lintas yang bekerja, sehingga tidak dibutuhkan lagi penambahan baja tulangan karena kedua lapisan struktur beton tersebut sudah mampu menahan beban-beban mobil ataupun truk yang melintas, ungkapnya.

Sementara itu juga, Kasatker P2JN Jambi menambahkan bahwa saat ini pihak BPJN Jambi tengah mengerjakan paket pekerjaan Preservasi Jalan Simpang Ahok (Kota Jambi)-Simp. Pasar Buper-Bumi Perkemahan Pramuka (1).

” Untuk panjang penanganan effektif adalah 2,6 km yang diharapkan akan selesai pada tanggal 31 Desember 2023 (Masa Pelaksanaan 161 Hari Kalender) dengan menggunakan anggaran 28,5 M,” pungkasnya. (RedG /Syah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *