oleh

Muhadjir Apresiasi IKA ITS Galang Donasi, Bantu Pembelajaran Jarak Jauh

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengapresiasi Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) yang menginisiasi gerakan pengumpulan donasi “Gotong Royong Dukung Pembelajaran Jarak Jauh” untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, selama pandemi COVID-19 ini memang telah menyebabkan ‘darurat pendidikan’ yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peserta didik dan guru terpaksa merubah kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi pembelajaran PJJ atau jarak jauh guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Kendati demikian, PJJ ini juga masih memiliki kendala. Terutama PJJ di daerah yang mengalami kendala akses internet dan ketiadaan gawai karena rendahnya tingkat ekonomi masyarakat. Untuk itu, Muhadjir menyampaikan apresiasi kepada IKA-ITS yang telah menggalang aksi donasi gawai dan mengharapkan agar inisiatif IKA-ITS ini diikuti oleh pihak-pihak lainnya.

“Meskipun belum menyelesaikan seluruh persoalan, sumbangan dari IKA-ITS ini diharapkan membantu sejumlah siswa dan guru dalam melanjutkan pembelajaran yang berkualitas dan memanfaatkan kemajuan Iptek Revolusi Industri 4.0. Jangan sampai pandemi ini menjadikan generasi penerus kita tertinggal dalam pendidikannya,” ujarnya dalam acara penyerahan donasi gawai secara simbolis di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Adapun donasi perangkat gawai ini akan diberikan kepada 7 Sekolah Dasar, 1 SLB Swasta dan 1 SMK Swasta yang tersebar di beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum IKA ITS Sutopo Kristanto mengakui jumlah perangkat gawai yang kami donasikan ini masih sangat kecil bila dibandingkan jumlah kebutuhan yang diperlukan. Namun, kata dia, pihaknya memberanikan diri untuk menggalang donasi secara bergotong royong demi meringankan beban dan kesulitan para guru dan murid di tengah pandemi.

Baca Juga  Polres Babar, Sosialisasi Pencegahan Saber Pungli

“Betapa pun kecilnya bantuan yang dapat kami berikan, itu lah simbol kepedulian kami,” tandasnya.

Sebagai informasi, gerakan pengumpulan donasi yang dilakukan IKA ITS ini berhasil mengumpulkan 530 gawai yang dilengkapi dengan kartu perdana internet. Disamping itu, IKA ITS juga menyerahkan sejumlah 530 set perlengkapan school covid kit yang berisi masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan guna mendukung penerapan protokol kesehatan oleh murid-murid dan guru-guru. (Ong)

Komentar

Tinggalkan Komentar

News Feed